3 Cara Aman Latih Bayi Belajar Berdiri

No comment 1795 views

belajar berdiri

Bu, sudahkan si Kecil menunjukkan keinginannya untuk belajar berdiri? Si Kecil yang mulai memasuki usia 12 bulan umumnya memperlihatkan tanda-tanda ingin berdiri. Ia mulai menjadikan meja atau pinggiran kursi sebagai tumpuannya untuk berdiri.  Pastikan Ibu selalu di sampingnya karena tangannya masih tak cukup kuat menahan berat tubuhnya.

Sebelum belajar mengangkat tubuhnya, si Kecil belajar dari mengangkat kepalanya dengan tumpuan kedua lengannya. Meski awalnya hanya terangkat sebagian, tetapi lama-lama ia cukup kuat untuk mengangkat badannya. Setelah cukup kuat mengangkat badannya, ia belajar untuk duduk tegak. Awalnya, ia tidak akan bisa bertahan terlalu lama terduduk dan menjatuhkan diri jika terlalu lelah.

Untuk tahapan ini, sebaiknya si Kecil selalu diawasi agar saat terjatuh kepalanya tetap aman. Ia akan tertawa terkekeh saat terjatuh dan Ibu harus siaga menerima tubuhnya dengan baik. Setelah ia bisa duduk tegak dengan sempurna, si Kecil mulai mempunyai keinginan untuk meraih benda-benda yang letaknya jauh.

Dengan begitu, ia mulai belajar merangkak untuk mengambil benda-benda tersebut. Saat ia lelah, si Kecil akan kembali terduduk dan melanjutkan merangkak tidak lama kemudian. Setelah berhasil mengambil benda yang letaknya jauh, si Kecil mulai tertarik dengan barang di atasnya. Saat melihat benda yang bisa menjadi tumpuannya, ia mulai belajar berdiri. Ibu perlu mendampinginya untuk menjaga agar saat terjatuh, ia tetap aman dan tidak merasa sakit.

Melihat antusiasmenya yang cukup tinggi tersebut, Ibu bisa membantunya untuk belajar berdiri dengan aman. Si Kecil pasti senang dengan bimbingan dari Anda karena keinginannya untuk berdiri tegak bisa tercapai. Berikut ini cara aman mengajari si Kecil berdiri:

  • Melihat si Kecil mulai mencoba berdiri, Ibu pasti sering melihatnya menangis dan meminta bantuan untuk kembali duduk. Bantulah si Kecil menekuk kedua lututnya dengan perlahan. Hal sederhana ini juga mengajarinya cara duduk setelah ia kelelahan berdiri.
  • Setelah si Kecil berdiri, dorong perlahan perutnya dengan lembut hingga ia terjatuh lagi. Tak jarang ia terkekeh saat tubuhnya terjatuh Bu. Namun, pastikan ia terjatuh di tempat yang aman ya. Lakukan hal tersebut berulang kali hingga ia mampu menanggapi hal tersebut dengan kondisi tenang.
  • Jika si Kecil jatuh, ajarkan ia untuk kembali berdiri. Ulurkan tangan Anda atau berikan sesuatu benda yang bisa menjadi tumpuannya agar si Kecil berdiri dengan mudah.

Beberapa cara tersebut dinilai cukup efektif untuk mengajarkan si Kecil belajar berdiri. Latihan ini akan menguras tenaga banyak dan memerlukan ekstra kesabaran. Ayo Bu, tetap semangat mengajrakan si Kecil berdiri tegak!

author
No Response

Leave a reply "3 Cara Aman Latih Bayi Belajar Berdiri"