3 Cara Melatih Anak Berjalan

No comment 1246 views

 

belajar jalan

 

Belajar jalan- Bagaimana perkembangan buah hati Ibu? Apakah kini ia tengah asyik belajar jalan? Pertumbuhan si Kecil adalah peristiwa berharga yang dinantikan para orang tua, sehingga mereka tak ingin melewakan satu pun tahap perkembangannya, termasuk ketika ia belajar berjalan. Ibu dapat menjadi saksi pertama bagi langkah awalnya ketika melatih berjalan.

Apakah Anda sudah tidak sabar melatih si Kecil untuk belajar berjalan? Tunggu dulu, Ibu, sepertinya harus memperhatikan dulu beberapa tanda pada dirinya yang menunjukkan bahwa ia telah siap diajari cara berjalan. Jika si Kecil sudah mulai bisa mengangkat tubuhnya dari posisi duduk ke posisi berdiri tegak, kemudian mulai berpegangan pada benda-benda di sekelilingnya, ini tandanya ia sudah disiap untuk belajar berjalan. Nah, bila Ibu ingin membatu dan melatih berjalan dengan cepat berikut ini caranya:

  1. Pilih tempat yang nyaman dan aman

Pada masa-masa awal belajar berjalan, umumnya si Kecil akan mengalami beberapa kali jatuh bangun. Untuk mengantisipasi hal ini dan menghindarkan ia dari terjatuh dan mengenai benda-benda yang berbahaya, Ibu sebaiknya memilih tempat yang nyaman serta aman.

Ibu dapat menyingkirkan benda-benda yang berpotensi membahayakan si Kecil saat belajar berjalan, misalnya saja benda-benda tajam atau cairan yang dapat membuatnya terpeleset. Selain itu, untuk antisipasi Ibu dapat melapisi permukaan lantai dengan karpet tebal agar ketika si Kecil terjatuh, ia tidak akan langsung menyentuh permukaan lantai yang keras.

  1. Memegangi tangannya

Untuk melatih anak berjalan, Ibu perlu memberinya sedikit bantuan dengan memegangi tangannya dan membiarkan ia menapaki lantai dengan kaki kecilnya. Dengan dipegangi tangannya seperti itu, si Kecil akan merasa senang dan bersemangat belajar berjalan. Melatih si Kecil dengan cara ini bisa saja membuat Anda mengeluarkan banyak tenaga sehingga menimbulkan rasa lelah. Akan tetapi, untuk membantunya cepat berjalan, bukankah Anda tak keberatan?

  1. Memindah benda untuk diambil

Untuk mengajari si Kecil berjalan, cobalah mengambil salah satu mainan favoritnya dan meletakkannya di tempat yang agak jauh dari posisinya. Suruhlah buah hati untuk mengambil mainan itu dengan berjalan. Untuk permainan awal, Anda bisa meletakkanya di tempat yang lebih dekat, semakin hari seiring dengan perkembangannya berjalan, Anda dapat memilih tempat yang lebih jauh tetapi tetap memungkinkan untuk dijangkaunya.

Untuk dapat belajar berjalan cepat, anak membutuhkan proses dan latihan yang panjang. Selalu berikan ia penghargaan ketika berhasil mengerjakan perintah atau saat menyudahi latihan. Sebuah pujian atau senyuman yang tulus dari Anda adalah bekal untuk semangat belajarnya esok hari. Tetap semangat ya, Bu!

author
No Response

Leave a reply "3 Cara Melatih Anak Berjalan"