4 Fakta Senyuman Bayi Ini Sangat Mengagumkan

Senyuman merupakan bahasa universal dari setiap manusia yang menandakan bahwa mereka sedang bahagia. Dan bahkan di usianya yang masih sangat muda, bayi Anda sudah mulai mampu tersenyum. Hal tersebut tentunya menjadi hal yang sangat menyenangkan, dan mungkin sedikit mengejutkan bagi orangtua. Bahkan tak jarang mungkin Anda dibuat bertanya-tanya tentang makna di balik senyuman dari bayi Anda. Nah Moms, 4 fakta senyuman bayi di bawah ini juga tidak kalah mengejutkan. Simak, yuk.

  • Bayi Sudah Mulai Bisa Tersenyum di Usia Kurang dari Sebulan

Salah satu dari 4 fakta senyuman bayi satu ini pastinya tak terdengar asing. Mungkin Anda sering melihat bayi Anda yang berusia kurang dari sebulan terlihat tersenyum manis saat ia sedang tidur. Anda mungkin akan menganggap bahwa mungkin senyum tersebut berarti ia sedang mengalami mimpi yang indah.

Kenyataanya, senyum yang ditunjukkan oleh bayi Anda adalah senyuman spontan. Uniknya, senyuman spontan ini sama sekali tidak berhubungan dengan sistem pikiran serta emosi dari si kecil. Senyuman spontan tersebut juga bukan merupakan hasil dari rangsangan dari lingkungan luar si kecil. Dan hingga kini belum ada satupun hasil penelitian yang mampu menguak alasan di balik senyuman spontan si kecil.

  • Senyum Sosial Bayi Baru Terbentuk di Usia 1-2 Bulan

Jika Anda mengharapkan bayi Anda untuk tersenyum pada Anda ketika Anda mengajaknya bercengkrama, maka hal tersebut baru akan terjadi jika ia sudah menginjak usia ke 1-2 bulan. Pada saat itu bayi sudah mulai bisa mengidentifikasi orang-orang terdekatnya (seperti Bunda dan ayahandanya), dan ia juga sudah mulai bisa menunjukkan reaksi tersenyum ketika Anda mengajaknya bercanda.

Di usia ini bayi sudah mulai mengerti bahwa dengan tersenyum ia dapat menarik perhatian dari orang-orang sekitarnya. Ia juga mulai belajar bahwa dengan tersenyum ia dapat memancing orang-orang sekitarnya untuk membalas senyumannya dengan tersenyum balik padanya. Bayi Anda juga sudah mulai bisa menunjukkan bahwa ia menerima terlalu banyak stimulasi dengan tersenyum dan memalingkan wajahnya. Jika itu terjadi, mungkin ada baiknya Anda membawa si kecil ke tempat yang lebih sepi selama 5 menit.

  • Senyuman Spontan Sering Terjadi Pada Bayi Perempuan

Percaya tak percaya, dalam beberapa minggu di awal kehidupannya bayi perempuan memiliki kecenderungan untuk tersenyum spontan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan bayi laki-laki.

  • Bayi Yang Sering Diajak Tersenyum Akan Lebih Sosial

Memberikan stimulasi senyum pada bayi Anda sedini dan sesering mungkin sangatlah disarankan jika Anda menginginkan bayi Anda tumbuh menjadi pribadi yang murah senyum dan mudah bergaul. Beberapa studi mengungkapkan bahwa bayi yang dibesarkan di lingkungan yang minim senyuman kelak akan lebih jarang tersenyum dibandingkan bayi yang dibesarkan di tengah-tengah keluarga dengan nuansa kekeluargaan yang hangat.

4 fakta senyuman bayi ini unik dan mencengangkan, bukan? Semoga menghibur, Moms.

author
No Response

Leave a reply "4 Fakta Senyuman Bayi Ini Sangat Mengagumkan"