4 Gejala Sebelum Bayi Tumbuh Gigi

No comment 88 views

800_story_Guide_Teething_Symptoms_Remedies

Semua bayi terlahir dalam keadaan ompong, alias belum memiliki gigi. Giginya baru akan tumbuh saat ia menginjak usia 6 bulan atau 12 bulan. Tumbuhnya gigi bayi merupakan pertanda bahwa ia sudah dapat diperkenalkan dengan makanan semi-padat atau MPASI. Dan seringkali ketika giginya mulai tumbuh, bayi Anda pun akan menunjukkan beberapa gejala. Apa saja 4 gejala sebelum bayi tumbuh gigi yang wajib diperhatikan?
Bertambahnya Air Liur Bayi
Salah satu gejala sebelum bayi tumbuh gigi yang pertama dan yang paling mudah dideteksi adalah, volume air liur bayi yang meningkat sehingga seringkali air liur tersebut menetes keluar dari mulut bayi. Seringkali jika Anda lalai tidak membersihkan mulut bayi, maka akan muncul ruam-ruam merah di sekitar mulut, dagu, dan lehernya.

Jangan khawatir, Moms. Seiring dengan bertambahnya waktu gejala tersebut akan menghilang dengan sendirinya, namun untuk sekarang pastikan Anda selalu siap sedia kain atau tisu lembut untuk mengusap mulutnya. Anda juga dapat mengalungkan celemek khusus bayi untuk menyerap air liur yang menetes dari dagunya.
Menangis
Pertumbuhan gigi seringkali diiringi dengan gusi bayi yang membengkak dan terasa nyeri. Dan sudah pasti hal tersebut menimbulkan ketidaknyamanan pada bayi Anda, dan satu-satunya cara bagi ia untuk mengekspresikan ketidaknyamanannya adalah dengan menangis. Anda dapat membantu meredakan rasa sakitnya dengan memijat bagian gusinya yang bengkak dengan jari Anda, atau bisa juga dengan menggunakan kain handuk dingin yang dililitkan pada jari Anda.
• Suka Menggigit
Apabila ketika di tengah proses menyusui mendadak bayi Anda menggigit puting payudara Anda dengan keras, jangan marah padanya, Moms. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda bahwa gigi bayi Anda sudah mulai tumbuh. Seringkali untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan di gusinya, bayi akan mencari pelampiasan dengan cara menggigiti berbagai macam obyek.

Nah, Anda dapat memberikannya alat permainan teether atau bisa juga Anda memberikannya camilan sayuran dan buah-buahan dalam bentuk finger food. Finger food adalah sayuran dan buah-buahan bertekstur keras yang dipotong menuruti ukuran genggaman bayi. Finger food akan sangat bermanfaat tidak hanya sebagai alat bagi bayi Anda untuk meredakan rasa ngilu di gusinya, tetapi juga dapat menjadi camilan sehat bagi bayi Anda.
• Susah Makan
Rasa nyeri akibat gigi tumbuh juga tidak jarang menyebabkan bayi Anda kehilangan nafsu makan. Walaupun tidak perlu terlalu dikhawatirkan, jika bayi Anda masih belum mau makan setelah berbagai macam trik yang Anda lakukan, segera larikan bayi Anda pada dokter anak. Umumnya dokter Anda akan memberikan obat painkiller khusus untuk bayi Anda.
Demikianlah beberapa gejala sebelum bayi tumbuh gigi. Semoga informasi ini berguna bagi Bunda.

author
No Response

Leave a reply "4 Gejala Sebelum Bayi Tumbuh Gigi"