5 Cara Terbaik Dorong Anak Belajar Bicara

No comment 2427 views

belajar bicara

Khawatir dengan buah hati yang tak kunjung lancar bicara padahal usianya sudah mencukupi untuk itu? Umumnya, memasuki usia 2 tahun, anak sudah mulai menunjukkan kemampuannya belajar bicara dan belajar berkomunikasi. Akan tetapi, tak sedikit juga balita yang masih terlihat ‘malas’ dan lambat sehingga tak kunjung memproduksi kata.

Melihat kondisi seperti ini, tentunya akan membuat orang tua sedih dan khawatir. Jika Anda merupakan salah satu orang tua yang menyimpan kekhawatiran ketika anak tak kunjung belajar bicara, maka beberapa tips berikut ini dapat Anda lakukan untuk merangsang dan mendorong anak belajar bicara:

  1. Ajak bicara sesering mungkin

Salah satu cara yang efektif untuk menumbuhkan kemampuan bicara pada anak ya dengan mengajaknya bicara. Umumnya, anak-anak senang mendengarkan orang tua atau orang-orang disekelilingnya. Tak hanya mendengarkan tetapi mereka juga memperhatikan ekspresi yang ditunjukkan saat berkomunikasi tersebut. Nah, ajaklah sesering mungkin anak Anda ngobrol meskipun ia tak sepenuhnya memahami itu.

  1. Kurangi menonton tv sendirian

Hindari untuk membiarkan balita menghabiskan waktunya di depan televisi seorang diri. Pasalnya, televisi hanya akan membuat anak menerima komunikasi searah sedangkan inti dari komunikasi atau belajar bicara adalah interaksi. Menghindari ini, sebaiknya Anda selalu mendampingi anak untuk menjelaskan, menanya atau sekedar menciptakan interaksi di sela aktivitas menonton televisi tersebut.

  1. Kurangi interaksi dengan gadget

Sama halnya dengan televisi, gadget juga merupakan media komunikasi satu arah. Membiarkan anak terlalu banyak bermain gadget hanya akan memperlambat keterampilannya berinteraksi dan berkomunikasi. Untuk itu, hindari menyuguhkan gadget pada anak yang sedang dalam masa belajar bicara atau jika tidak demikian pilihlah fitur-fitur interaktif dan damping Anak saat memainkannya.

  1. Ajak bersosialisasi

Learning by doing. Cara terbaik untuk mengajarkan anak berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungannya adalah dengan melibatkannya langsung dalam proses komunikasi tersebut. Umumnya, anak-anak berlajar dan meniru dari anak yang lain baik cara bermain, berinteraksi, dan juga berkomunikasi. Untuk itu, cobalah ajak buah hati keluar rumah dan bermain dengan teman sebayanya.

  1. Ajarkan kosa kata yang benar

Sebagai orang tua, sebaiknya contohkan cara berbicara yang jelas dan benar kepada anak baik ucapan ataupun juga ekspresi. Hindari untuk berpura-pura meniru gaya bicara anak yang masih belum jelas, misal “minum susu” diganti “minum cucu” ini justru bukan rangsangan yang baik untuk mendorong kemampuan bicara anak.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mendorong kemampuan anak saat belajar bicara. Jika usaha tersebut tak juga membuahkan hasil yang diharapkan, tak ada salahnya Anda mengunjungi dokter atau psikiater khusus untuk menanyakan perihal perkembangan buah hati.

 

author
No Response

Leave a reply "5 Cara Terbaik Dorong Anak Belajar Bicara"