Apa yang Perlu Dilakukan Saat si Kecil Belajar Bicara?

belajar bicara

Halo Bu, sedang apa si Kecil saat ini? Sudahkah ia berceloteh pagi ini? Yah, sebagai orang tua, pasti sangat senang ketika melihat buah hati tersayang mengucapkan kata pertamanya. Tentu saja proses belajar bicara si Kecil tidak bisa berlangsung secara instan dan cepat. Dimulai dari bergumam, berceloteh, berbicara sepotong, lalu berbicara lancar.

Untuk mengajarinya belajar bicara dengan lancar, membutuhkan kesabaran luar biasa dari orang tua. Di tahun pertama ini, mungkin Anda kesulitan untuk memahami arti ucapannya karena pelafalannya tidak jelas. Lantas, apa yang harus dilakukan orang tua? Yuk, simak informasi menarik berikut ini yang telah dilansir dari ibudanbalita.com:

  • Senyum dan Memberi Perhatian

Perlu Anda tahu, si Kecil memang tak bisa mengucapkan isi hatinya secara sempurna, tetapi ia dapat memahami segala sikap orang tua seperti kata-kata, ekspresi, dan emosi. Oleh karena itu, sebisa mungkin selalu tersenyum dan memberikan perhatian dengan sebaik-baiknya.

Meskipun Anda tak paham dengan isi celotehannya, usahakan untuk memberikan tanggapan balik kepada si Kecil. Paling tidak, saat Anda sibuk membereskan rumah dan ia berceloteh, panggillah namanya agar ia merasa selalu dengan dengan orang tua.

  • Meniru Ucapannya

Sama halnya dengan orang dewasa, si Kecil juga membutuhkan jawaban atas celotehannya tersebut. Meskipun tak memahaminya dengan baik, cobalah memberikan respon berupa ucapan dari setiap ocehannya. Anda juga bisa menirukan kata yang diucapkan seperti ma-ma, ba-ba dan tunggulah respon yang diberikannya. Cara ini terbilang cukup baik karena ia makin semangat untuk bercuap-cuap.

  • Mengajak Bicara Sesering Mungkin

Si Kecil yang saat ini belum bisa mengucapkan banyak kata dengan utuh, tetapi ia sudah bisa diajak berbicara. Ajaklah ia berbicara dengan menggunakan suara yang lembut dan diikuti ekspresi ceria. Anda bisa mengajaknya ngobrol sambil memandikan, menyuapi, dan jalan-jalan. Secara tidak langsung, obrolan hangat ini akan memperkaya kosa kata baru si Kecil.

  • Membaca Buku

Buku bergambar dan berwarna menjadi media yang efektif untuk bercerita kepada si Kecil. Ia akan senang jika diperlihatkan sesuatu yang bergambar cerah sambil duduk santai atau menjelang tidur. Seiring dengan perkembangannya, si Kecil akan paham dengan apa yang Anda ceritakan.

Nah, beberapa cara tersebut bisa membantunya untuk belajar bicara dengan lancar. Rangsanglah kemampuannya dengan terapi bicara diperut dan membuatnya terkekeh-kekeh. Caranya, bukalah baju si Kecil dan ucapkan kata-kata yang mudah dipahami sambil menempelkan mulut di perutnya. Lakukan cara ini sesering mungkin, agar ia cepat bicara lancar, ya!

 

author
No Response

Leave a reply "Apa yang Perlu Dilakukan Saat si Kecil Belajar Bicara?"