Bayi Tumbuh Gigi Rewel, Apa yang Harus Dilakukan Moms?

Pertama kali bayi tumbuh gigi tentunya momen yang paling ditunggu oleh para moms, biasanya momen ini ditandai dengan demam dan rewel. Selain kedua hal tersebut bayi juga merasakan gatal pada gusinya sehingga membuat bayi memasukkan dan menggigit benda yang ia pegang, dan air liur juga lebih banyak dari biasanya.

 

Jika moms mengalami momen ini maka jangan merasa resah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguranginya. Diantaranya moms bisa mempraktikkan tips berikut:

 

  1. Beri Mainan Teething

Theeting/theeter adalah mainan berbentuk lingkaran yang mudah di genggam oleh si bayi dan tentunya aman meskipun dimasukkan ke mulut. Sebelum diberikan ke si bayi sebagian theeting bisa di masukkan ke lemari pendingin terlebih dahulu guna meredam rasa gatal pada gusi bayi. Meski begitu, hindari meletakkannya di dalam freezer agar tidak membahayakan gusinya. Theeting tersedia dalam berbagai merek, bahan maupun bentuk. Pastikan memilih bahan yang tidak berbahaya untuk bayi.

 

  1. Mengusap Gusi Bayi

Karena bayi merasakan gatal pada saat tumbuh gigi, maka moms bisa mengusap gusi yang ditumbuhi akar gigi pada bayi. Sebelum melakukannya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya jangan memaksa bayi ketika akan mengusap gusi bayi. Lakukan dengan perlahan memasukkan tangan ke dalam mulut bayi dan mengusap gusinya. Sebagaian bayi akan merasa nyaman dengan hal tersebut.

 

  1. Camilan Sehat

Daripada bayi memasukkan benda-benda yang tidak higienis kedalam mulutnya, jika usianya sudah mencapai enam bulan, maka moms bisa memberikan camilan sehat sebagai penggantinya. Contoh makan sehat yang bisa diberikan diantaranya sepotong wortel atau apel untuk digenggam dan di gigit bayi. Hindari pemberian makanan yang mengandung gula untuk menghindari kerusakan gigi.

 

  1. Minuman Dingin

Untuk meredakan nyeri ketika bayi tumbuh gigi moms bisa memberikan bayi air dingin dengan sayarat bebas gula. Dan pastikan minuman yang di berikan tidak terlalu dingin.

 

  1. Konsultasikan Ke Dokter

Jika nyeri yang diderita bayi belum redah setelah melakukan tips di atas, moms bisa membawanya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Biasanya dokter akan memberikan parasetamol atau ibuprofen dalam dosis kecil. Hindari memberi obat-obatan yang tidak disertai resep dari dokter.

 

Itulah moms yang bisa di lakukan ketika momen tumbuh gigi bayi. Moms bisa mempraktekkan tips di atas di rumah, semoga bermanfaat ya moms.

author
No Response

Leave a reply "Bayi Tumbuh Gigi Rewel, Apa yang Harus Dilakukan Moms?"