Bicara di Perut Bantu Anak Belajar Bicara

No comment 1455 views

140026_babytalkts

Belajar bicara akan dilakukan seorang anak dalam masa perkembangan usia 3-4 bulan. Namun, kemampuan berkembang seorang balita memang tidak hanya bisa dinilai dari secepat apa dia berbicara atau berjalan. Ada yang sudah bisa berjalan sebelum berbicara, ada juga yang sudah bisa berbicara tetapi belum bisa berjalan.

Melatih bicara si Kecil sejak dini membantu si Kecil untuk berkomunikasi dan berinteraksi sejak kecil. Kemampuan berinteraksi sejak dini akan membuat si Kecil cepat tanggap terhadap lingkungannya. Komunikasi dan kontak langsung dengan si Kecil dapat membantunya perlahan menirukan apa yang Anda katakan. Namun, tidak semua anak mampu mengikuti apa yang Anda katakan dengan cepat.

Dalam bidang psikologi, perkembangan balita dipengaruhi oleh banyak hal yang berbeda-beda. Orang tua, lingkungan, pola asuh, bahkan pola makan mempengaruhi berbagai perkembangan balita. Namun, tak jarang orang tua tidak panik apabila balita seusia anaknya belum bisa berbicara.

Lalu, terapi apa yang bisa membantu anak belajar bicara?

Bicara di perut balita bisa dilakukan oleh ayah bunda untuk membantu balita belajar bicara. Berikut cara melakukannya.

  1.  Tidurkan si buah hati di atas selimut lembut agar si kecil nyaman untuk diajak bermain.
  2.  Ayah atau Bunda duduk di sebelah si kecil dan mulai dengan mengajaknya bicara. Ayah atau Bunda juga harus mengelus-elus perutnya.
  3. Tempelkan mulut Ayah atau Bunda ke perut si Kecil sambil bicara atau bernyanyi. Keluarkan suara-suara lucu seperti meniru suara-suara hewan atau kendaraan. Si kecil pun akan tertawa terbahak-bahak.
  4. Variasikan tekanan dan keras suara Anda di perut si Kecil. Namun,  jangan terlalu keras sehingga membuat si Kecil kaget.
  5. Beri si Kecil ciuman dan tatap matanya sambil memberinya senyuman setelah selesai berbicara. Anda bisa
  6. Lepas pakaian si Kecil dan biarkan dia hanya mengenakan popok agar si Kecil bisa merasakan gerakan mulut Anda di kulitnya.

Bagaimana Ayah-Bunda, tidak sulitkan melatih si Kecil belajar bicara!

 

author
No Response

Leave a reply "Bicara di Perut Bantu Anak Belajar Bicara"