Cara Terbaik Mendorong si Kecil Berdiri Tegak

Cara Terbaik Mendorong si Kecil Berdiri Tegak

Bu, si Kecil bersemangat sekali belajar berdiri, ya? Saat ia berapi-api untuk belajar berdiri sambutlah hal tersebut dengan suka cita. Sebab, belajar berdiri adalah fase awal yang akan dilalui si Kecil sebelum menuju tahap berjalan.
Umumnya, setiap bayi akan belajar berdiri pada usia yang berbeda, bergantung pada kemampuan fisik, keinginan, serta dorongan dari lingkungan sekitarnya. Nah, untuk mendorong si Kecil yang sedang bersemangat balajar berdiri, apa saja yang sebaiknya Ibu lakukan? Beberapa tips berikut ini akan membantu Ibu mendampingi si Kecil yang tengah belajar berdiri:

1. Latih kekuatan otot tubuh

Ketika hendak belajar berdiri, si Kecil membutuhkan kekuatan otot yang maksimal untuk menopang beban tubuhnya. Nah, untuk memaksimalkan kemampuan ototnya ini, Ibu dapat melatihnya dengan rangsangan yang sederhana . Hal ini bisa dilakukan dengan mengajarinya duduk sendiri tanpa bantuan, menggerakkan lengan dan kaki dengan aktif merangkak, serta merangsangnya untuk berdiri dengan ditopang oleh Ibu.

2. Latih keseimbangan tubuh

Selain otot yang cukup kuat, belajar berdiri juga membutuhkan keseimbangan. Untuk melatih keseimbangan si Kecil, Ibu bisa melakukan permainan sederhana yang mendorongnya lebih aktif bergerak dan belajar berdiri. Misalnya, ajaklah ia bermain bola dengan posisi duduk dan coba gelindingkan bola ke arahnya.

Tanpa sadar, ia akan berusaha menggerakkan tubuhnya untuk meraih bola itu entah dengan merangkak atau berdiri sambil mencari sandaran. Nah, saat itulah ia akan belajar untuk menemukan keseimbangan tubuhnya.

3. Bantu dengan tangan lantas perlahan lepaskan

Ketika Ibu sudah cukup melatih kekuatan otot maupun keseimbangan tubuhnya, kini saatnya mengajak si Kecil untuk bangkit dari posisinya. Pertama-tama tentunya si Kecil memerlukan bantuan Ibu untuk menopang tubuhnya sendiri. Maka dari itu, gandeng tangannya dengan perlahan sambil ajak ia bercakap-cakap.

Setelah ia bisa berdiri dengan tegak, cobalah lepaskan tangan Ibu pelan-pelan dan lihatlah berapa lama si Kecil bisa bertahan dalam posisi tersebut. Untuk melakukan latihan ini, sebaiknya Ibu memilih tempat yang nyaman dan empuk agar ketika si Kecil jatuh tak membuatnya kesakitan.

Itulah beberapa dorongan yang dapat Ibu lakukan untuk membantu si Kecil belajar berdiri. Jangan lupa untuk selalu mengapresi usaha dan semangatnya saat belajar berdiri ya, Bu! Tak perlu melakukannya secara berlebihan, cukup kecup pipinya dan ajak ia menikmati camilan favoritnya. Selamat mencoba, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Cara Terbaik Mendorong si Kecil Berdiri Tegak"