Ibu, Sudah Tahukah Empat Perkembangan Wajib si Kecil?

perkembangan balita

Selamat pagi Ibu, berapa usia si Kecil saat ini? Sebagai orang tua, selalu mengikuti perkembangan buah hati merupakan suatu hal yang wajib dilakukan. Sebab, jika orang tua mengetahui pasti tahapan perkembangan yang seharusnya dapat meminimalkan risiko apabila mengalami keterlambatan perkembangan balita.

Bukan hanya tubuhnya saja yang mengalami perkembangan, tetapi kemampuan psikologisnya juga berkembang pesat di usia golden age. Yuk, simak informasi tentang tahapan-tahapan perkembangan balita yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Sosial

Pada tahap awal, perkembangan sosial si Kecil bermula dari ia dapat memberikan respon terhadap orang yang menggodanya dan mengenali berbagai jenis suara dan wajah orang didekatnya. Saat merespon godaan dari orang disekitarnya, ia akan membalas senyuman dan menoleh ketika seseorang memanggil namanya.

  • Bahasa

Sebuah tangisan merupakan salah bentuk komunikasi yang dilakukan si Kecil kepada orang disekitarnya untuk mengungkapkan apa yang terjadi padanya. Setelah tahap tangisan, ia akan belajar mengoceh seakan menirukan dan berbincang dengan orang disekitarnya. Kemudian, ia akan belajar mengucapkan kata per kata. Biasanya, fonem bilabial akan lebih dulu diucapkan si Kecil ketimbang bentuk yang lain. Setelah ia cukup mahir mengucapkan kata tersebut, ia akan merangkainya menjadi kalimat pendek hingga lancar berbicara.

  • Perkembangan Motorik

Si Kecil yang makin hari makin bertambah usia, tentu dibarengi dengan perkembangan tubuh dan motoriknya. Setelah kepala dan lehernya cukup kuat untuk menahan tubuh, ia akan berusaha untuk tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, berjalan hinga berlari. Tentu hal ini harus didukung baik oleh pemenuhan kebutuhan nutrisinya. Anda juga bisa memberikannya stimulus berupa alat seperti exchauser yang dapat digunakan untuk melatihnya berdiri tegak.

  • Keterampilan Bereaksi dan Bereksplorasi

Si Kecil memiliki rasa ingin tahu yang tinggi sehingga sering kali ia mengacak-acak isi rumah untuk menemukan sesuatu yang diinginkannya. Jangan heran jika ia mengambila barang rumah dan memindahkannya lagi. Kemudian berlanjut dengan mencoret-coret lantai dan dinding. Setelah isi rumah berantakan, ia akan meninggalkannya begitu saja dan pergi keluar rumah untuk bermain dengan teman sebaya. Ibu jangan pernah marah ketika si Kecil melakukan ini semua, sebab hal ini akan membantunya untuk menemukan hal-hal baru.

Nah, jika Anda melihat perkembangan balita di rumah tak demikian, segeralah membawanya ke dokter. Dengan begitu, penanganan sejak dini bisa dilakukan agar pertumbuhannya tetap berjalan maksimal. Lakukan yang terbaik untuk si Kecil, ya!

 

 

author
No Response

Leave a reply "Ibu, Sudah Tahukah Empat Perkembangan Wajib si Kecil?"