Inilah Pertanda Bayi Sehat yang Wajib Ibu Ketahui

bayi sehat

Bayi sehat- Ibu mana yang tak menginginkan buah hatinya tumbuh menjadi bayi yang sehat? Memiliki bayi sehat dan cerdas adalah dambaan setiap Ibu. Untuk mendapatkan buah hati yang sehat, setidaknya orang tua selalu mencukupkan nutrisi dan istirahatnya agar tubuhnya dapat berkembang optimal.

Setiap bayi akan mengalami tahap perkembangan yang berbeda-beda sesuai dengan berjalannya usia. Ibu dapat mengenali dan memastikan bahwa bayi dalam keadaan yang baik melalui beberapa tanda yang ditunjukkannya. Lantas, bagaimanakah cara mengenali ciri-ciri bayi sehat tersebut? Temukan tanda-tanda bayi sehat tersebut di sini:

  1.  Mengalami perkembangan emosional

Ciri pertama yang menandakan bayi sehat adalah ketika ia mulai mengalami perkembangan emosional. Biasanya, bayi yang baru lahir akan lebih sering menangis. Untuk menenangkannya, seorang ibu dapat memberikan sentuhan lembut dan membisikkan kata-kata yang menenangkan di telinganya. Meskipun belum dapat melihat dengan baik, bayi sudah dapat merasakan sentuhan hangat dan suara ibunya  sejak dalam kandungan. Jika dengan kehadiran, sentuhan, ataupun kata-kata lembut Anda si kecil dapat tenang kembali dari tangisnya, itu berarti ia mulai mengalami perkembangan emosional.

  1. Mengalami penambahan berat badan

Buah hati yang sehat akan mengalami penambahan berat badan yang sesuai dengan tahap perkembangannya. Media penambah berat badan yang baik bagi bayi adalah melalui susu. Pastikan si Kecil selalu minum susu setiap hari dalam jumlah yang cukup. Idealnya, bayi yang sudah memasuki usia 1-3 bulan akan mengalami kenaikan berat badan normal sejumlah 200 gram per minggu. Kemudian, naik lagi setiap 30 hari sekali hingga 500-600 gram pada usia 4-6 bulan dan 350-450 gram pada usia 7-9 bulan.

  1. Dapat memusatkan perhatian

Tanda-tanda bayi sehat selanjutnya adalah ketika ia sudah dapat memusatkan perhatian pada dunia di sekitarnya dan mulai belajar mengenalinya. Memasuki minggu-minggu awal, bayi akan menghabiskan waktunya untuk menangis dan tidur. Namun seiring berjalannya waktu, kemampuan visualnya akan bertambah dan ia akan dapat memusatkan pandangannya terhadap objek tertentu. Saat itulah, ia tengah belajar untuk mengenali sesuatu dari sekelilingnya.

  1. Mengalami perkembangan otak dan pendengaran

Seiring dengan pertambahan usianya, si Kecil akan mengalami perkembangan sistem tubuh yang lain, termasuk otak dan pendengarannya. Bila ia sudah mulai dapat mencari dan merespon sumber bunyi, itu artinya sistem pendengarannya berkembang baik. Terlebih lagi, memasuki usia 9 bulan, idealnya ia sudah dapat menunjukkan respon ketika dipanggil namanya dan mulai dapat mengidentifikasi sumber suara yang berjarak satu meter dari tempatnya berada.

Setiap tanda-tanda perkembangan bayi sehat tersebut tentunya merupakan bagian yang sangat istimewa bagi orang tua yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Selalu pantau perkembangan buah hati dan kenali tanda-tandanya sejak dini. Bila perlu, konsultasikan pada dokter jika si Kecil tidak juga menunjukkan tanda-tanda tersebut.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Pertanda Bayi Sehat yang Wajib Ibu Ketahui"