Kebutuhan Untuk Meningkatkan Tumbuh Kembang Balita

Nutrisi tumbuh kembang balitaTumbuh Kembang Balita – Memiliki anak dengan tumbuh kembang optimal adalah dambaan setiap orang tua. Untuk mewujudkan untuk memiliki tumbuh kembang balita yang sempurna tentu saja orang tua harus selalu memperhatikannya, mengawasi dan merawat tumbuh kembang balita, setiap aktifitas balita dan juga asupan anak tentu harus diperhatikan secara seksama.

Tumbuh kembang mencakup dua peristiwa yang sifatnya berbeda, tetapi sulit untuk dipisahkan. Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan masalah pertumbuhan dalam skala besar, jumlah atau ukura. Sedangkan perkembangan (development) berkaitan dengan pematangan dan penambahan kemampuan fungsi organ atau individu.

Secara umum terdapat dua faktor utama yang mempengaruhi perkembangan anak:

  1. Faktor Genetik : faktor yang menentukan sifat bawaan anak. Kemampuan anak merupakan cirri khas yang di tutunkan dari orang tuanya.
  2. Faktor Lingkungan : tempat dimana anak itu tumbuh, dimana lingkungan yang baik akan menunjang tumbuh kembang anak, sebaliknya lingkungan yang kurang baik akan menghambat tumbuh kembang anak.

Sebagai orang tua menjaga asupan atau makanan anak tentu sangat penting karena makanan adalah salah satu faktor penting dalam menentukan perkembangan balita. Kebutuhan makanan yang penting untuk dikonsumsi anak adalah Susu Formula untuk memenuhi segala nutrisi anak, Nasi atau roti untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat anak dan Ikan untuk memenuhi kebutuhan protein demi kecerdasan otak balita.

Dengan susu formula, balita bisa dapat terpenuhi kebutuhan nutrisinya, tetapi juga terdapat nutrisi yang belum bisa tercukupi oleh susu formula agar tumbuh kembang balita bisa terjaga. Kebutuhan nutrisi balita yang terpenting antara lain adalah Asam Lemak, karbohidrat, zat gizi, enzim, decosahexaenoic acid (DHA) dan arachidonic acid (ARA).

Sebagai orang tua tentu sangat mendukung sekali apapun yang dapat meningkatkan perkembangan balita. tumbuh kembang balita secara fisik tentu juga sangat diperhatikan oleh orang tua, tumbuh kembang otak, motorik dan keterampilan anak tentu juga sangat diperhatikan oleh orang tua.

Meningkatkan tumbuh kembang otak, motorik dan keterampilan balita tentu bisa dipenuhi dengan memenuhi kebutuhan nutrisi balita. Tetapi selain kebutuhan nutrisi, memberikan suplemen seperti vitamin jgua sangat penting karena sumplemen vitamin dapat meningkatkan tumbuh kembang otak balita.

Saat ini suplemen vitamin sudah memiliki banyak rasa yang disukai oleh anak. Suplemen vitamin A, B, C, D adalah vitamin yang sangat cocok untuk tumbuh kembang balita. Sehingga tidak perlu kahwatir lagi dalam memberikan asupan suplemen pada anak.

No Response

Leave a reply "Kebutuhan Untuk Meningkatkan Tumbuh Kembang Balita"