Manfaat Pijat Kaki untuk Mempercepat Berjalan

No comment 16628 views

 

belajar jalan

Belajar jalan- Salah satu perkembangan motorik bayi yang ditunggu-tunggu para orang tua adalah ketika ia menujukkan keinginan untuk belajar jalan. Pada fase ini, si Kecil biasanya akan aktif bergerak dan membuat orang tua kelelahan. Akan tetapi meskipun lelah, mendampingi dan melatih berjalan buah hati merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi orang tua.

Namun, dalam beberapa kasus, terdapat pula bayi yang belum menunjukkan kemampuan dan kemauan untuk belajar jalan meskipun usianya sudah mencukupi untuk itu. Lambatnya proses berjalan ini dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor yang menghambat, misalnya saja pada otot-ototnya yang masih kaku dan perlu dilenturkan. Nah, untuk melenturkan otot-otot ini dan membantu bayi berjalan cepat, para orang tua bisa mencoba memanfaatkan pijat kaki untuk si Kecil. Nah, apa manfaat dan bagaimana cara melakukan pijat kaki untuk mempercepat belajar jalan? Berikut informasinya:

Manfaat

  1. Pijat kaki dipercaya dan terbukti bermanfaat dalam mendukung buah hati berjalan. Pijatan kaki ini dapat menguatkan otot dan sarat motorik bayi, utamanya membantu kelenturan persendian pinggul dan lutut yang dapat mempercepat kemampuannya berjalan. Selain itu, memijat bayi pada bagian kakinya juga dapat mengurangi rasa pegal yang ditimbulkan setelah ia belajar berjalan nantinya.

Caranya

Anda dapat melakukan pemijatan yang sederhana untuk si Kecil di rumah. Nah, berikut ini adalah cara yang baik untuk melakukan pijat kaki agar bayi cepat berjalan:

  1. Mulailah memijat bagian pangkal paha bayi menggunakan ibu jari Anda. Lakukan gerakan dari atas ke bawah berulang-ulang hingga mencapai bagian paha. Selanjutnya, peganglah kedua kakinya dan lakukan gerakan menepuk-nepuk tungkainya dengan ringan.
  2. Selanjutnya, lakukan gerakan meremas-remas paha hingga bagiAn lutut. Dalam meremasnya, berikanlah sedikit tekanan yang tidak berlebihan dengan menggunakan ibu jari. Lakukan gerakan memutar ke dalam lutut dan teruskan gerakan yang sama untuk mereMas bagain betis.
  3. Nah, bagian terakhir ini yang penting, yaitu bagian telapak kaki. Anda dapat melakukan gerakan meremas lembut pada telapak kaki bayi. Lakukan gerakan ini berulang-ulang dengan lembut, sehingga bayi akan dapat menikmati pijatan Anda. Gerakan memijat telapak kaki ini dapat menunjang kematangan otot dan sarafnya sehingga dapat membantu proses bayi dalam berjalan.
  4. Setelah itu, Anda bisa memegang kedua kaki dan lutut bayi secara bersamaan dalam posisi terlentang dan menempelkannya pada perutnya. Gerakan ini dapat Anda teruskan dengan memutarnya secara melingkar ke kiri dan kanan. Pijatan ini dapat membantu melemaskan otot-otot pinggul bayi dan juga membantunya mengatasi sakit perut.

Untuk membantu percepatan prosesnya belajar jalan, Ibu dapat melakukan pemijatan ini secara rutin selama 10-15 menit perhari. Sebelum itu, periksa terlebih dahulu suhu tubuh si Kecil, ya! Suhu tubuh yang Ttergolong aman untuk dilakukan pemijatan adalah di bawah 37,5 derajat C. Selamat mencoba, Ibu!

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Pijat Kaki untuk Mempercepat Berjalan"