Mengapa Balita Gemar Menghisap Ibu Jari ?

No comment 1523 views

gambar1

kebiasaan balita menghisap ibu jari – Menghisap ibu jari merupakan hal yang normal bila dilakukan oleh balita . Anak – anak lebih sering menghisap ibu jarinya karena mereka merasa nyaman dan tenang . Menghisap ibu jari juga salah satu kebiasaan sikecil sebelum mereka tertidur . Kebiasaan seperti tidak akan membahayakan sikecil tapi juga ada beberapa cara menghentikan si kecil untuk menghisap ibu jarinya sendiri . Berikut adalah beberapa fakta dan cara menghentikan kebiasaan menghisap ibu jari pada balita :

Fakta dan cara menghentikan kebiasaan menghisap ibu jari pada balita

  • Fakta menghisap ibu jari pada balita

Bunda tidak perlu khawatir tentang kebiasaan si kecil tentang yang satu ini untuk perkembangan giginya . Karena sudah banyak ahli yang mengatakan bahwa menghisap ibu jari pada balita tidak akan berpengaruh buruk pada perkembangan giginya . Hampir semua anak akan menghilangkan kebiasaan seperti ini pada usia 2 sampai 4 tahun . Biasanya kebisaaan balita menghisap ibu jari akan berhenti ketika mereka sudah menemukan cara lain yang membuat mereka merasa nyaman dan tenang .

  • Hentikanlah kebiasaan ini

Memang fakta menghisap ibu jari pada balita tidak berpengaruh buruk bagi perkembangan giginya . Tapi alangkah lebih baik jika bunda menghentikan kebiasaan ini saat menyebabkan masalah pada kesehatan giginya . Dan ketika si buah hati mulai merasa malu menghisap ibu jarinya .

  • Cara menghentikan sikecil dari kebiasaan menghisap ibu jarinya

Ingatkanlah mereka dengan cara yang positif, berikan peringatan yang yang halus dan lembut . Berikanalah mereka beberapa hadiah yang mereka sukai seperti membelikan es krim . Dan apabila dapat melampaui waktu yang lama berikanlah mereka hadiah yang lebih kepada mereka sehingga membantu mereka untuk menghilangkan kebiasaan menghisap ibu jari secara perlahan – lahan .

Jika seperti cara yang pertama tidak berhasil oleskan sesuatu yang mereka tidak sukai mungkin seperti cairan yang memiliki rasa pahit . Jadi dengan begitu mereka akan meras kapok dan tidak akan menghisap ibu jarinya kembali .

 

Memang bagi anda para orang tua sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaan balita menghisap ibu jari tapi jika anda telaten dan sabar melatih mereka untuk menghilangkan kebiasaan – kebiasaan tersebut dan mengikuti tips – tips diatas mungkin buah hati anda dapat berhenti menghisap ibu jarinya sendiri . Semoga bermanfaat ya bunda . Baca juga Balita Susah Makan ? Ini 2 Resep Rahasia Mengatasinya 

author
No Response

Leave a reply "Mengapa Balita Gemar Menghisap Ibu Jari ?"