Moms, Ini Cara Mengajar Balita agar Cepat Berbicara

 

Baby playing with alphabet blocks

Celotehan bayi yang ceria tentunya menjadi lagu tersendiri di telinga Anda. dan betapa bahagianya Anda ketika ia melafalkan “mama” dan “dada” untuk pertama kalinya. Umumnya, bayi sudah mulai belajar berbicara ketika ia menginjak usia 12 bulan. Namun apa yang harus Anda lakukan jika si kecil belum juga kunjung berbicara? Dan, adakah tips cara mengajar balita agar cepat berbicara?

 
Sebenarnya, faktor yang menyebabkan bayi telat berbicara bisa sangat bermacam-macam. Bisa jadi karena faktor medis seperti terganggunya pendengaran bayi, atau faktor-faktor lain. Tapi yang pasti ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengajar balita agar cepat berbicara. Simak yuk tips dari Katalog Ibu berikut ini.

 
• Ajak si Kecil Berkomunikasi
Orangtua adalah guru bahasa pertama bagi anaknya. Dan proses pembelajaran tersebut sebenarnya sudah bisa dilakukan semenjak si kecil masih berada di dalam rahim. Organ pendengaran bayi Anda sudah mulai bisa mendengar suara dari luar semenjak ia berusia 16 minggu, walaupun pendengarannya baru benar-benar berkembang saat ia menginjak usia 24 minggu. Nah, di usia tersebut Anda sudah bisa mulai mengajaknya berkomunikasi, baik dengan bercerita tentang apa yang Anda alami seharian, atau dengan menyanyikan lagu untuknya.

Setelah si kecil lahir, ajaklah ia berinteraksi sesering Anda bisa, saat si kecil menunjuk sesuatu Anda dapat memberitahu nama dari benda tersebut. Atau jika ia menunjuk hewan seperti kucing, Anda bisa menirukan suara kucing untuk membantu kemampuan imitasinya.

 
• Tanggapi Ocehannya
Apabila si kecil sudah mulai mengoceh, berikanlah tanggapan walaupun belum tentu Anda mengerti makna di balik ocehannya. Tunjukkan ekspresi bahagia Anda, dan jika ia mengeja sebuah kata dengan susunan yang salah, seperti “mamam”, Anda bisa mengkoreksinya, tentunya dengan kesabaran.

Si kecil tidak akan langsung memahaminya jadi yang harus Anda lakukan adalah mengulang kata tersebut berulang kali sambil tetap menatap matanya. Latihan yang dilakukan secara berkesinambungan akan membantu proses penyerapan informasi dan membuat ia makin cepat dalam belajar bicara dengan struktur kata yang benar.

 
• Jangan Melakukan ‘Baby Talk’
Dalam arti hindari berbicara dengan bahasa cadel pada bayi Anda. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bayi Anda akan menirukan cara pengejaan Anda. Ejaan kata yang salah berakibat fatal karena bayi akan menganggap bahwa itu adalah ejaan yang benar dan akan terbawa hingga ia besar nanti. Jadi, hati-hati ya Moms.

 
Dan yang paling diperlukan dalam mengajar balita agar cepat berbicara sudah pasti kesabaran yang Anda miliki. Selamat mencoba, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Ini Cara Mengajar Balita agar Cepat Berbicara"