Moms, Simak Yuk Tips Atasi Anak Rewel Saat Tumbuh Gigi

baby-bite-finger

Selama 6 bulan awal kehidupannya, organ pencernaan bayi masih belum dapat mencerna makanan padat. Tidak ada gunanya memaksakan bayi untuk langsung makan makanan padat karena bayi belum memiliki gigi untuk melumatkan makanan tersebut. Namun, Anda dapat mengetahui kesiapan bayi dalam menerima makanan semi-padat (MPASI) jika gigi bayi Anda sudah tumbuh. Bayi umumnya akan merasakan ketidaknyamanan akibat rasa nyeri dan bengkak yang dirasakannya di area gusi. Bayi jadi susah tidur nyenyak dan lebih rewel dari biasanya. Dan walaupun hal tersebut adalah peristiwa yang normal dan bersifat sementara, pastinya Bunda tidak tega dan kewalahan menghadapi si kecil yang sedang rewel. Nah, berikut adalah tips atasi anak rewel saat tumbuh gigi.
• Memberikan Mainan Teether
Seringkali untuk mengatasi rasa nyeri pada gusinya, bayi Anda akan mencari benda-benda yang dapat digigitnya. Nah, salah satu tips atasi anak rewel saat tumbuh gigi adalah memberikannya mainan teether, yaitu mainan yang umumnya berbentuk lingkaran dan terbuat dari plastik keras walaupun saat ini juga terdapat banyak sekali bentuk-bentuk teether yang lain yang dapat dipilih.

Teether memiliki ukuran yang pas dan mudah digenggam bayi, selain itu alat permainan ini juga terbuat dari bahan plastik yang didesain khusus sehingga aman jika bayi memasukkkannya ke mulut. Sebelum memberikannya pada bayi Anda, Anda dapat meletakkan teether ke dalam lemari pendingin terlebih dulu (bukan freezer). Dan jangan lupa untuk rajin mencuci teether dan menyimpannya di tempat yang bersih.

• Berikan Finger Food
Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, bayi sudah dapat menyantap MPASI setelah ia menginjak usia 6 bulan. Kebanyakan makanan tersebut bersifat semi padat dengan tekstur yang lembut seperti bubur, sehingga mungkin hal tersebut kurang memuaskan bayi Anda dalam mengatasi rasa nyeri saat giginya tumbuh.

Tapi, Anda dapat memberikannya jenis makanan padat yaitu sayuran dan buah-buahan dalam bentuk finger food. Finger food adalah buah-buahan atau sayuran keras seperti apel dan mentimun yang dipotong kecil-kecil dengan bentuk memanjang seperti jari, dan biasanya disesuaikan agar pas dengan genggaman bayi. Finger food tidak hanya dapat membantu meredakan rasa nyeri pada gigi bayi tapi juga bisa menjadi cara yang bagus untuk memenuhi nutrisi dan serat yang dibutuhkan oleh bayi Anda.

Demikianlah beberapa tips atasi anak rewel saat tumbuh gigi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Moms, Simak Yuk Tips Atasi Anak Rewel Saat Tumbuh Gigi"