PAHAMI PERKEMBANGAN BALITA 1-3 TAHUN

No comment 907 views

balita

perkembangan balita 1-3 tahun – Memasuki tahun perkembangan seperti ini akan ada banyak kejutan dari sikecil . Dia belajar untuk beradaptasi ataupun mengeksplor lingkungan disekitarnya .  Sikecil juga akan memiliki daya tarik terhadap lingkungan disekitar mereka . Tahun perkembangan ini penuh dengan aktivitasnya yang menggunakan kedua kakinya ataupun kedua tangannya . Sikecil akan sering memanjat ataupun hanya untuk berjalan – jalan mengelilingi halaman rumah .

Perkembangan sikecil pada tahun ini sangatlah banyak misalnya dia akan memakai atau mengganti pakaiannya sendiri, mencuci tangannya sendiri, dan memberi makan dirinya sendiri . Dia juga akan berani bermain sendiri tanpa ada orang tua yang mendampingi . Mari mom’s pahami perkembangan balita pada usia 1-3 tahun berikut ini :

Perkembangan Balita Usia 1 – 3 Tahun

Perkembangan balita secara fisik 

1. System Syaraf 

System syaraf sangat berpengaruh besar pada perkembangan kecerdasan dan emosi sikecil . Pada  pertumbuhan ini balita banyak menggunakan emosinya dalam mengerjakan sesuatu selain itu dia juga akan menemukan banyak hal – hal baru yang telah mereka pelajari .

2. Otot – otot 

Otot – otot sikecil akan sangat berpengaruh pada kekuatan dan kemampuan motorik mereka . Dan kelenjar endekorin yang menyebabkan munculnya pola – pola atau tingkah laku baru pada sikecil . Dia juga akan lebih suka menirukan tingkah laku atau kegiatan orang disekitar mereka .

3. Struktur Fisik 

Struktur fisik ini meliputi tinggi badan, berat badan, dan proposi . Perkembangan balita 1-3 tahun yang ini wajib anda perhatikan . Berat badan balita pada usia seperti ini berkisar 9-13 kg, tinggi badan berkisar antara 75-100 cm , lingkar kepalanya berkisar antara 46-50 cm, lingkar lengan pada balita usia seperti ini hanya 16 cm . Sedangkan pertumbuhan gigi susunya rata-rata 20 gigi .

4. Organ – Organ Keindraan 

Pada usia seperti ini organ – organ keindraan sikecil sudah berfungsi sebagaimana mestinya, contohnya saja dia sudah mulai berbicara lancar, sudah bisa merasakan rasa enak atau tidaknya makanan, bahkan mereka juga sudah lancar berjalan ataupun sudah dapat berlari .

Perkembangan balita secara itelegensi 

Perkembangan intelegensi yaitu kemampuan sikecil untuk penyesuaian terhadap situasi atau masalah yang ada disekitar mereka . Pada tahun pertama usia anak, fungsi intelegensi mereka akan tampak dalam tingkah laku motorik dan bahasa mereka . Anak yang cerdas akan menunjukkan gerakan – gerakan yang lebih cekatan dan perkembangan bahasanya yang lebih baik . Sedangkan anak yag kurang cerdas akan identik dengan gerakan – gerakan yang kurang cekatan dan perkembangan bahasanya yang kurang baik . Perkembangan intelegensi di pengaruhi oleh dua hal yaitu :

  • Motorik 

Perbedaan motorik anak dan orang dewasa dapat dilihat dalam 3 hal :

Cara memegang

Orang dewasa akan memegang sesuatu dengan hati – hati agar dapat digunakan secara optimal sedangkan balita pada usia 1-3 tahun hanya akan asal pegang saja .

Cara Berjalan

Orang dewasa saat berjalan hanya akan memakai otot – otot tertentu saja beda dengan anak usia 1-3 tahun mereka berjalan semaunya sendiri sehingga seolah – olah semua anggota tubuh mereka ikut berjalan .

Cara menendang

Pada usia ini anak – anak menendang bola dengan ciri – ciri kedua tangannya mengacu kedepan dan berlebih – lebihan . Anda harus sering melatih motoriknya agar sikecil dapat menguasai otot – otot dan gerakan yang mereka lakukan .

  • Bahasa

Bahasa dibagi empat masa yaitu :

Kalimat satu kata (usia 1-1 tahun 6 bulan)

Suara pertama yang sering digunakan sikecil adalah suara raban . Suara raban adalah suara yang dimainkan tenggorokan, mulut dan bibir supaya selaput suara terdengar lebih lembut . Biasanya sikecil mengekspresikan keingannya dengan satu kata contohnya saja dia berkata “Ayah” sambil menunjuk mainan . Sebeneranya yang mereka inginkan adalah bermain .

Masa memberi nama (usia 1,5 – 2 tahun)

Pada masa ini akan timbul rasa ingin tau pada sikecil untuk mengetahui nama sebuah benda . Pertanyaan mereka tentang nama suatu benda banyak sekali hal ini yang akhirnya menyebabkan pengucapan sikecil menjadi sempurna . Hal ini disebabkan karena perkembangan pikirannya lebih cepat dibanding perkembangan bahasanya .

Masa kalimat tunggal (usia 2 – 2,5 tahun)

Bahasa dan bentuk kalimat sikecil akan lebih sempurna . Sekarang mereka akan mulai menggunakan awalan dan akhiran pada setiap kalimat yang mereka ucapkan .

Masa kalimat majemuk (usia 2,5 tahun keatas)

Mereka akan mengucapkan kaliamat yang panjang dan bagus . Pada masa ini mereka juga akan mengutarakan pendapatnya dan pertanyaan yang mereka ajukan pun juga kan lebih banyak .

Perkembangan balita secara kognotif 

1. Reaksi pengulangan ketiga (eksplorasi)

Sikecil akan lebih banyak mengubah skema secara sistematik untuk menghasilkan hal – hal baru . Mereka mulai menemukan cara – cara memperlakukan suatu benda agar terlihat menarik .

2. Permulaan berpikir (repretasi mental)

Sikecil akan mulai berkembang kemampuannya dalam hal fungsi simbolik

Perkembangan emosi balita 

Emosi balita pada usia ini sudah mulai terarah pada sesuatu seperti benda ataupun makhluk hidup . Mereka juga sudah mulai bisa mengekspresikan perasaannya dengan bahasa . Sifat perasaannya labil dam mudah terpengaruhi .

 

Nah mom’s itulah beberapa ulasan tentang perkembangan balita 1-3 tahun yang wajib anda ketahui . Baca juga Menyenangkan Bisa Memperhatikan Perkembangan Sang Bayi .

author
No Response

Leave a reply "PAHAMI PERKEMBANGAN BALITA 1-3 TAHUN"