Simak Tahapan Perkembangan Bayi Yang Menakjubkan Ini Yuk

shutterstock_106804514

Sebagai orangtua, menyaksikan bayi Anda berkembang dari bulan ke bulan tentunya menjadi hal yang tidak dapat Anda lewatkan begitu saja. Memperhatikan tahapan perkembangan yang diraih oleh bayi Anda juga sangat penting untuk mengantisipasi adanya keterlambatan yang menandakan gangguan penyakit. Nah, berikut adalah beberapa tahapan penting yang mengagumkan dari perkembangan bayi Anda.
• Membalikkan Badan (Tengkurap ) dan Mengangkat Kepala
Pencapaian perkembangan bayi ini terjadi saat bayi mulai menginjak usia 3-4 bulan. Bayi Anda mulai dapat memiringkan badannya dan berguling dengan perut menghadap ke bawah. Otot lehernya pun sudah semakin kuat, sehingga ia mulai dapat mengangkat kepala sedikit demi sedikit.

Di usia 3 bulan, bayi memang baru bisa mengangkat kepala dengan sudut sekitar 45 derajat. Namun lama kelamaan, bayi semakin mampu untuk mengangkat kepalanya hingga mencapai sudut yang lebih besar, yaitu sekitar 90 derajat. Ia juga sudah mulai merespons dengan mendongakkan kepala ketika mendengar Anda memanggil namanya.
• Memekik Saat Ia Senang
Di bulan-bulan awal masa hidupnya, bayi memang belum terlalu mampu untuk mengekspresikan rasa senangnya. Namun kemampuannya berekspresi mulai berkembang saat ia mencapai usia 4 bulan. Buah hati Anda sudah mulai dapat memekik gembira untuk menunjukkan bahwa ia sedang merasa senang. Kata-kata yang dikeluarkannya pun sudah mulai berupa huruf-huruf hidup walaupun kata-kata tersebut tidak memiliki makna.
• Mulai Makan Sendiri
Di usia bayi yang menginjak 6 bulan, kemampuan motorik bayi sudah mulai berkembang. Sistem koordinasi tangan dan mata bayi sudah semakin baik sehingga ia sudah mulai dapat memasukkan segala sesuatu yang digenggamnya ke dalam mulut. Di usia inilah, bayi baru bisa dikenalkan dengan Makanan Pendamping ASI atau MPASI. Anda bisa menemukan berbagai macam resep MPASI di internet.

Tak hanya itu, ada baiknya juga untuk memberikan camilan sayuran dan buah-buahan sebagai finger food. Finger food tidak hanya bisa dijadikan cara untuk memperkenalkan makanan sehat untuk bayi dan sebagai sarana agar bayi dapat lebih mengembangkan kemampuan motoriknya, tapi juga untuk memberikan kenyamanan pada bayi yang mengalami pertumbuhan gigi.
• Mulai Mengenal Orang-Orang Terdekatnya
Pada awalnya, bayi hanya mampu mengidentifikasi wajah dan suara Anda selaku orang terdekatnya. Dan seiring dengan perkembangannya mulai dari usia 9 bulan, bayi juga sudah mulai memiliki rasa takut terhadap wajah-wajah orang yang tidak dikenalnya. Tak hanya itu, bayi juga sudah mulai merasa cemas dan menangis terutama ketika ia hanya ditinggal bersama dengan orang yang tidak dikenalnya.
Demikianlah beberapa poin penting dan menakjubkan dari perkembangan bayi. Tapi harap diingat bahwa tidak semua bayi memiliki kecepatan perkembangan yang sama. Jadi jangan terlalu cemas jika bayi Anda menunjukkan sedikit keterlambatan dibandingkan bayi-bayi lain.

author
No Response

Leave a reply "Simak Tahapan Perkembangan Bayi Yang Menakjubkan Ini Yuk"