Wajib Perhatikan 5 Tips Memilih Sepeda Anak Berikut!

Wajib Perhatikan 5 Tips Memilih Sepeda Anak Berikut!

Tips memilih sepeda anak – Sebagai orang tua sudah sewajibnya Anda memperhatikan tumbuh kembang anak, salah satu hal terpenting untuk membantu tumbuh kembang anak yaitu dengan memberi stimulus sejak ia balita. Salah satu cara yang dapat orang tua lakukan yaitu memfasilitasi anak dengan memberikannya sepeda, karena dengan bersepeda dapat merangsang keterampilan motorik anak.

Berbagai jenis sepeda banyak ditemukan dari yang harganya mahal hingga murah dari berbagai harga dan merk sepeda  yang terkenal seperti wimcycle, united, polygon, dan masih banyak lagi merk – merk yang lain. Kesalahan beberapa orang tua yaitu membelikan sepeda anak sembarangan tanpa memperhatikan fungsi dan keamanan balita, apalagi setiap merk pasti mengakui bahwa sepedanya lah yang paling bagus.

Hal ini tentu saja membuat Anda semakin bingung dalam memilih sepada anak yang bagus seperti apa. Jangan khawatir, berikut tips memilih sepeda anak yang dapat Anda jadikan panduan sebelum membeli sepeda untuk anak balita.

Tips cara memilih sepeda anak balita

1. Memilih ukuran yang tepat
Sebelum membeli sepeda anak, pastikan ukuran sepeda pas dengan anak Anda yaitu dapat dilihat saat anak mengayuh pedal apakah ia dapat menggapainya atau tidak dan pastikan lutut anak tidak menyentuh stang saat mengayuh sepeda.

2. Stang yang tepat
Saat memilih sepeda anak perhatikan stang sepeda tersebut. Jangan sampai stang pada sepeda terlalu dekat atau terlalu jauh dari anak sehingga dapat meraih stang dengan mudah.

3. Pemilihan bahan velg
Velg sepeda yang baik yaitu terbuat dari bahan logam campuran atau biasanya juga terbuat dari alumunium. Karena bahan-bahan tersebut mudah di cengkram oleh rem saat berada di jalan yang basah.

4. Rem pada sepeda
Salah satu komponen yang penting dari sepeda anak yaitu rem pada sepedanya. Sebelum membeli ujilah dahulu dengan cara memutar rodanya kemudian di rem. Jika rem dapat bekerja dengan bagus Anda dapat memilihnya dan jika saat di rem mengeluarkan bunyi maka sepeda tersebut tidak bagus untuk dipilih.

5. Rangka sepeda anak
Rangka juga merupakan hal terpenting selanjutnya karena menjadi penentu kuat atau tidaknya sepeda tersebut. Pilihlah rangka yang lurus dari depan ke belakang . sahabat dapat melihatnya dari arah ban depan ke belakang . Jika sudah terlihat dari ban depan hingga belakang lurus maka sepeda tersebut bagus.

Itulah beberapa tips memilih sepeda anak yang harus Anda perhatikan, selain itu memilih sepeda anak harus Anda perhatikan dari usia anak tersebut dan sesuaikan dengan postur tubuhnya. Baca juga : Ciri-ciri Karakter Anak Tunggal

author
No Response

Leave a reply "Wajib Perhatikan 5 Tips Memilih Sepeda Anak Berikut!"