Waspadai 4 Masalah Gizi Balita

No comment 1915 views

bayi gizi buruk

Memenuhi kebutuhan gizi balita sangatlah penting untuk mendorong tumbung kembangnya secara maksimal. Namun, usia ini tergolong cukup rentan mengalami beberapa masalah sehingga mudah terserang penyakit yang membahayakan kesehatannya.

Tidak semua penyakit yang mengintai si Kecil tersebut disebabkan akibat kekurangan gizi saja, tetapi kelebihan pun dapat menjadi pemicu. Untuk itu, Anda tidak boleh memberikan gizi secara berlebihan sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan hariannya yang memicu timbulnya penyakit baru. Beberapa masalah gizi berikut ini umum terjadi pada balita: (Baca juga: 5 Manfaat Brokoli untuk Tubuh Si Kecil)

  • Kurang Energi Protein (KEP)

Protein memiliki peranan penting dalam masa pertumbuhan si Kecil saat ini sehingga Anda perlu memerhatikan asupannya. Jika suntikan protein berada di bawah angka kecukupan gizinya, maka dapat mengganggu kesehatannya.

Maramus merupakan suatu kondisi di mana si Kecil memiliki berat badan sangat rendah, ukuran kepala tidak imbang dengan tubuhnya, rambut tipis, kulit kering, mudah sakit, tingkat kesadaran menurun dan sering diare. Gejala ini mulanya dipicu oleh kurangnya asupan ASI sehingga rentan untuk bayi di bawah satu tahun.

Selain maramus, kwashiorkor juga bisa muncul akibat kurangnya asupan protein dalam tubuhnya. Kondisi ini banyak ditemukan pada anak usia 1 hingga 3. Ciri-ciri si Kecil yang terserang penyakit ini adalah terjadinya pembengkakan pada seluruh tubuh, gemuk pada bagian punggung kaki dan jika ditekan tidak bisa kembali seperti semula, serta munculnya ruam pada kulit yang berwarna merah muda.

  • Kurang Asupan Zat Besi

Zat besi merupakan mineral penting untuk memproduksi sel darah merah yang akan mengedarkan sari-sari makanan ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi tentu berdampak kesehatan sehingga menyebabkan anemia. Si Kecil yang mengidap anemia berakibat pada kurangnya suplai oksigen pada tubuhnya. Hal inilah yang memicu si kecil tampak lemas, pucat, dan lelah.

  • Kurang Asupan Vitamin A

Vitamin A berfungsi untuk memelihara kesehatan mata si Kecil sehingga kebutuhannya harus dipenuhi dengan baik. Penyakit mata yang sering menyerang akibat kekurangan vitamin ini adalah Xeroptalmia. Penyakit ini cukup berbahaya karena menyebabkan kebutaan yang mengintai anak usia 2-3 tahun.

  • Obesitas

Penyakit ini muncul ketika asupan gizi masuk secara berlebihan ke dalam tubuh si Kecil yang mengakibatkan berat badannya berlebih. Asupan gizi untuk si Kecil tentu memiliki takaran tertentu yang sesuai dengan pertambahan usianya. Anak yang mengalami obesitas dapat mengalami gangguan pernapasan dan komplikasi ortopedik (tulang).

Memenuhi kebutuhan gizi balita memang menjadi kewajiban bagi orang tua. Namun, Anda perlu memerhatikan kadar kebutuhannya sehingga tidak menimbulkan masalah baru untuk si Kecil. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi agar memahami takaran nutrisi harian si Kecil. Tetap sehat, ya!

author
No Response

Leave a reply "Waspadai 4 Masalah Gizi Balita"