Wow, Betapa Pesatnya Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-6 Bulan!

116-RSO-Tumbuh-kembang-anak

Selama bayi Anda masih berada di kandungan, Bunda pasti dibuat kagum dengan betapa pesatnya pertumbuhan janin di dalam kandungan Anda. Mulai dari saat ia masih berwujud zigot, embrio, dan kemudian seluruh organ tumbuhnya terus berkembang hingga saat dimana ia terlahir di dunia. Dan bisa kami jamin, rasa terkejut Anda tak akan berhenti di sini saja. Karena mulai dari usia 0 bulan, bayi Anda akan terus mengalami perkembangan pesat yang akan membuat Anda semakin terkagum-kagum. Pencapaian tumbuh kembang bayi seperti apakah yang akan ia capai sejak usia 0 hingga 6 bulan? Simak uraiannya berikut ini, yuk.
0-1,5 Bulan
Di usia ini bayi Anda sudah mulai menunjukkan perkembangan motorik, walaupun belum terlalu banyak. Otot-otot lehernya sudah mulai dapat mengangkat kepalanya, walupun tentu saja otot tersebut masih sangat lemah dan bayi akan membutuhkan bantuan Anda dari waktu ke waktu.
1,5 bulan – 3 bulan
Saat usia bayi sudah menginjak usia 1,5 bulan, saat itulah bayi Anda sudah mulai mampu menopang kepalanya dalam keadaan tubuh telungkup. Otot-otot jari bayi Anda juga sudah mulai aktif sehingga ia akan sering sekali terlihat berusaha menggapai dan menggenggam berbagai benda berukuran kecil yang Anda berikan padanya. Bayi juga sudah mulai bisa tertawa dan memekik ketika ia merasa senang.
Usia 4 bulan
Kedua otot tangan bayi sudah semakin kuat sehingga bayi sudah mulai dapat menopang tubuhnya dengan kedua tangannya dalam keadaan tengkurap. Tawa bayi pun akan semakin keras. Ia pun sudah dapat memprotes dengan menangis ketika mainannya diambil atau direbut. Bayi juga sudah mulai dapat menunjukkan keinginannya untuk digendong bukan dengan menangis, melainkan dengan mengangkat kedua lengannya.
Usia 5 bulan
Bayi sudah mulai dapat berguling ketika ia ditelungkupkan, dan sebaliknya. Perkembangan motorik bayi juga menjadi semakin lebih baik. Ia sudah mulai dapat memindahkan obyek yang digenggamnya dengan satu tangan ke satu tangan yang lain. Bayi juga sudah mulai aware ketika Anda dan suami akan meninggalkannya, dan umumnya reaksi yang diberikannya adalah dengan menangis.
Usia 6 bulan
Di usia 6 bulan, bayi Anda sudah semakin ahli menggulingkan badannya ke arah kanan maupun kiri. Dia juga akan semakin gemar berceloteh, tentunya dengan bahasa yang tidak dapat dipahami (kecuali mungkin oleh ibundanya). Bayi Anda kini juga sudah mulai dapat mengenali orang-orang lain selain orangtuanya, seperti kerabat atau tetangga.
Akan tetapi, perlu diingat bahwa tiap bayi adalah individu yang berbeda. Tumbuh kembang bayi pun pastinya berbeda-beda. Jadi tidak perlu risau jika bayi Anda mengalami perkembangan yang sedikit terlambat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Wow, Betapa Pesatnya Tumbuh Kembang Bayi Usia 0-6 Bulan!"