Yuk, Bantu Anak Berdiri Tegak

No comment 913 views

belajar berdiri

Belajar berdiri- Bangga rasanya mendapati buah hati melalui proses tumbuh kembangnya dengan baik. Benar begitu, Bu? Nah, salah satu pertanda si Kecil mengalami masa tumbuh kembang adalah saat ia mulai berusaha belajar berdiri.  Belajar berdiri ini adalah tahapan awal yang harus dilaluinya untuk mencapai tahap perkembangan yang lebih lanjut yaitu belajar berjalan.

Biasanya, memasuki usia satu tahun si Kecil akan semakin aktif bergerak dan merayap-rayap pada perabot yang bisa menopang tubuh dan keseimbangannya saat belajar berdiri. Nah, apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung proses belajar berdiri ini? Ini dia informasinya:

  1. Bantu ia duduk tegak

Sebelum berada pada posisi berdiri tegak, tentunya si Kecil akan melewati proses belajar duduk terlebih dahulu, terutama saat usia 6 bulanan. Ia akan melalui tahap demi tahap mengangkat tubuhnya hingga ia dapat duduk dengan tegak tanpa sandaran. Proses ini mulanya dapat Ibu bantu dengan memegangi untuk menopang tubuhnya. Lantas, pelaskan perlahan tetapi jangan jauhkan jangkauan Ibu darinya.

  1. Amati saat ia merangkak

Saat si Kecil sudah memasuki usia delapan bulanan, biasanya ia akan lebih aktif bergerak dan berpindah tempat dengan merangkak. Namun, tak semua bayi mengalami proses merangkak ini. Mulanya, ia akan mencodongkan tubuhnya dan bertumpu pada kaki dan tangannya lantas bergerak sesuka hati dengan merangkak dan lambat laun akan mencari tumpuan seperti lemari atau sofa untuk belajar berdiri.

  1. Bantu berdiri dengan jemari tangan

Saat si Kecil sudah mulai belajar berdiri dengan bantuan perabotan di sekelilingnya, Ibu pun dapat mengusahakan hal lain untuk membantu ia berdiri dengan bantuan tangan. Misalnya, biarkan ia memegangi jemari Ibu untuk mengangkat tubuhnya berdiri dan duduk kembali. Ibu juga bisa mengajaknya berlompat-lompat bersama saat ia berdiri sembari menikmati irama musik favorit.

  1. Ajarkan bangkit kembali saat ia jatuh

Ada kalanya, saat anak belajar berdiri ia akan terjatuh beberapa kali. Untuk menghilangkan rasa takut dan trauma pada anak untuk bediri, bantulah ia bangkit kembali dengan cara mengulurkan tangan kepadanya. Lantas, ajarkan ia belajar berdiri kembali dengan berpegangan pada benda-benda yang kokoh di sekitarnya.

Nah, itulah beberapa bantuan dan dukungan Ibu yang dapat dilakukan untuk membantu si Kecil saat belajar berdiri. Senyuman dan perhatian tulus yang Ibu berikan kepadanya saat ia melampaui masa-masa tumbuh kembang tersebut sangatlah berarti sebagai motivasi untuk si Kecil.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Bantu Anak Berdiri Tegak"