Yuk, Mulai Kenalkan si Kecil Tentang Anggota Tubuhnya!

perkembangan balita

Hai Moms, sedang apa si Kecil saat ini? Memasuki usia 2 tahun, kemampuan bicaranya mulai lancar bahkan sudah bisa merangkai kata menjadi kalimat meskipun tak sejelas orang dewasa. Di usia ini, juga bisa dibilanh sebagai golden age lantaran ia perkembangan balita berlangsung sangat pesat. Untuk itu, mulailah ajari si Kecil hal-hal baru untuk mengenalkan lingkungannya lebih jauh.

Sebagai tahap awal, mulailah mengenalkan anggota tubuhnya dengan detail dan fungsinya agar ia bisa mengenal dirinya sendiri dengan baik. Hal ini juga baik untuk merangsang kemampuan daya ingatnya dengan menstimulus otaknya. Bagaimana cara menyenangkan untuk mengajari si Kecil tentang anggota tubuhnya? Yuk, simak informasi menarik yang dilansir dari ibudanbalita.com berikut ini:

  • Bermain Sambil Belajar

Di usia 2 tahun ini, tentu saja Anda akan kesulitan jika mengajaknya belajar dengan cara menghadap whiteboard dan duduk manis. Ia akan berlarian dalam rumah dan susah untuk diajak konsentrasi. Oleh karena itu, berusahalah untuk memasuki dunia anak dengan menjadi sahabat bermain yang menyenangkan.

Dengan cara ini, si Kecil tak lagi rewel dan mengalihkan pandangannya. Permainan tebak-tebakan dan nyanyian menjadi satu aktivitas yang menyenangkan. Jika Anda sudah menyiapkan banyak gambar anggota tubuh, ajari si Kecil melalui gambar tersebut lalu berikan ia kesempatan untuk menunjukkan anggota tubuhnya sendiri.

  • Mempratikkan Dalam Aktivitas Sehari-hari

Supaya si Kecil mudah mengingat nama anggota tubuhnya, cobalah untuk mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, saat ia mandi, Anda bisa mengusap rambutnya dengan mengatakan bahwa rambutnya sudah panjang. Saat menyabun badannya, Anda bisa mengajaknya sambil bermain dengan menanyakan anggota tubuh si Kecil.

  • Jangan Bosan Mengulang

Meski setiap hari Anda menanyakan hal yang sama, si Kecil tidak akan bosan bahkan ia semakin senang. Tambahkan pula pelajaran baru misalnya dengan menambahkan jumlah seperti mengatakan mulut jumlahnya satu sedangkan tangan jumlahnya dua. Mulut berfungsi untuk mengunyah makanan sedangkan tangan berfungsi untuk menyuapkan makanan. Dari sinilah ia makin senang karena bisa mengetahui fungsi anggota tubuhnya.

Perkembangan balita memang akan mengalir mengikuti perkembangan usianya. Akan tetapi, semuanya akan berjalan maksimal jika ada dukungan dari orang tua secara penuh melalui rangsangan atau makanan bergizi. Kondisi lingkungan keluarga yang kondusif juga menjadi penentu perkembangan si Kecil di masa depannya. Untuk itu, lakukan yang terbaik untuk tumbuh kembangnya, ya!

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Mulai Kenalkan si Kecil Tentang Anggota Tubuhnya!"