5 Tips Menjaga Kesehatan Kandungan Ibu Hamil

tips menjaga kesehatan ibu hamilIbu Hamil – Hamil? setiap wanita bersuami pasti sangat ingin mengalami dan amelewati proses ini dengan lancar, baik dan sempurna. saat kehamilan inilah dimana si wanita merasa ada ‘barang baru’ yang sedang tumbuh dan berkembang di dalam tubuhnya. Dan ketika itu wanita akan merasa sangat antusias atas proses yang berlangsung, segala upaya akan diusahakan nya agar si bayi kelak tumbuh berkembang dan terlahir sempurna ke bumi.

Kesehatan ibu dan janin dalam masa kehamilan sudah seharusnya menjadi prioritas bagi para ibu hamil untuk senantiasa dijaga kesehatannya baik dalam hal fisik dan juga psikologinya. Karena memang kesehatan dan kecerdasan sang bayi sebagian besar juga atas peran serta ibu hamil dalam menjaga kesehatannya selama kehamilannya dan juga aupan nutrisi gizi yang baik. Untuk itulah pemahaman yang benar akan cara jaga kesehatan ibu hamil dan janin perlu untuk diketahui oleh para ibu-ibu hamil dan juga tentunya tidak ketinggalan sang calon ayahnya pula.

Kesehatan ibu hamil merupakan modal dasar dalam hal mencetak kader-kader penerus bangsa yang cerdas berprestasi dan juga mempunyai akhlak yang mulia tentunya. Sehingga harapan bangsa Indonesia akan semakin berkembang dengan kelahiran anak-anak yang cerdas adalah juga harapan kita semuanya.

Berikut ini hal yang harus anda ambil perhatian saat anda mengandung:
  • Memperhatikan Nutrisi Gizi Ibu Hamil. Nutrisi yang sehat dan bergizi bagi seorang ibu hamil adalah hal yang pertama menjadi perhatian kita. Karena pasokan gizi yang baik dan sehat akan sangat berpengaruh kepada ibu hamil sendiri dan juga kesehatan sang janin. Kita harus bisa mengupayakan konsumsi ibu selalu bisa memenuhi kriteris empat sehat lima sempurna serta juga gizi yang seimbang. Karena hal ini juga bisa menjadi cara yang efektif untuk mencegah kematian ibu hamil yang disebabkan karena adanya anemia, atau pun perdarahan pasca melahirkan.
  • Menjaga Kebersihan Lingkungan Ibu Hamil. Kita tahu bahwasannya lingkungan akan sangat berpengaruh dalam hal kesehatan termasuk juga dalam masa kehamilan ini. Lingkungan yang kurang sehat akan bisa menjadi sarang berbagai macam bakteri serta virus yang bisa menjadi salah satu penyebab infeksi komplikasi. Untuk itu memilih tempat pelayanan kesehatan pada saat melahirkan juga perlu menjadi perhatian bagi sang ayah ketika akan menentukan tempat bersalin istrinya nanti.
  • Mengenali Tanda Bahaya Kehamilan dan Persalinan. Walaupun kita bukan orang-orang yang bergerak dalam bidang kesehatan, tanda ciri bahaya kehamilan persalinan juga perlu diketahui walau mungkin hanya pengetahuan dasarnya saja. Karena hal ini akan sangat menunjang dalam hal memelihara kesehatan seorang ibu hamil. Bagi sahabat-sahabat yang ingin mengetahui akan tanda bahaya kehamilan bisa membacanya di sini yaitu di kehamilan resiko tinggi.
  • Melakukan Vaksinasi Dalam Masa Kehamilan. Bagi para calon pengantin hal ini juga dilakukan karena merupakan salah satu syarat untuk membuat surat pengajuan pernikahan bagi para pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Dan vaksinasi ini adalah vaksinasi tetanus. Dan vaksinasi itu juga diteruskan pada saat kehamilan. Manfaat imunisasi khususnya imunisasi ibu hamil ini adalah melindungi dari terinfeksi penyakit yang mematikan dan juga infeksi yang bisa memberikan pengaruh buruk pada ibu dan janin.
  • Pemeriksaan Kesehatan Kehamilan Secara Rutin. Tujuan pemeriksaan ibu hamil adalah untuk bisa mengawasi pada saat-saat proses kehamilan berlangsung sampai dengan masa persalinannya nanti. Dan juga mendeteksi secara lebih awal kemungkinan buruk yang bisa terjadi selama proses tersebut berjalan sehingga dengan adanya deteksi awal ini akan bisa dilakukan pengobatan dan perawatan yang tepat dari tim kesehatan yang ada.

 

 

No Response

Leave a reply "5 Tips Menjaga Kesehatan Kandungan Ibu Hamil"