Apa Saja Sih Aktivitas Janin dalam Kandungan?

perkembangan janin

Halo Bun, sudah memasuki usia berapa minggu saat ini? Bicara mengenai kehamilan, tentu menjadi hal yang menyenangkan apabila mengetahui kondisi janin dalam keadaan sehat. Biasanya, cara tercanggih yang digunakan untuk mengetahui perkembangan janin dalam kandungan adalah dengan USG. Tahukah  Anda, jika si Kecil yang masih dalam kandungan ini memiliki banyak aktivitas lho! Yuk, simak informasi penting berikut ini:

  • Janin Merasa Kaget

Ketika sudah memasuki usia kandungan 9 minggu, janin ternyata sudah memberikan reaksinya ketika mendengarkan suara keras bahkan ketika ibunya bersin. Ia mulai merasakan kaget hingga melakukan gerakan refleks seperti menendang-nendang perut ibunya. Untuk itu, jauhi suara-suara keras yang bisa mengganggu kenyamanan janin.

  • Janin Mengalami Cegukan

Cegukan ini bisa dialami janin saat memasuki usia trisemester kedua atau ketiga. Saat janin cegukan, biasanya ibu hamil akan merasakan perutnya merasa kejang dan kram. Cegukan pada janin ini dipicu karena adanya kontraksi pada bagian diafragma. Namun, Anda juga harus bahagia saat janin cegukan, karena menandakan sistem saraf pusatnya sudah lengkap.

  • Janin Mengalami Stres

Stres tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga pada janin yang belum lahir. Stres ini dipicu karena adanya perubahan hormon yang seiring dengan pertambahan usia kandungan. Hormon ini masuk ke plasenta yang pada akhirnya berpengaruh besar pada janin. Untuk itu, para pakar menyarankan agar saat usia kandungan sudah memasuki usia akhir, agar memperbanyak kegiatan yang menyenangkan untuk menekan produksi hormon stres.

  • Janin Merasakan Makanan

Bukan hanya cegukan saja yang dirasakannya, tetapi juga dapat merasakan aneka rasa makanan yang dikonsumsi ibunya melalui cairan ketuban. Saat memasuki trisemester ketiga, ia sudah dapat merasakan rasa pahit, asam, manis, dan aroma yang menyengat seperti bawang putih. Jika ia tak menyukai dengan rasa makanan ini, janin pun akan memberikan reaksi penolakan seperti rasa mual.

  • Janin Merasakan Kehadirannya Ditolak

Meski masih dalam kandungan, si Kecil sudah bisa merasakan bahwa kehadirannya ditolah keluarga. Apabila hal ini terjadi, tentu saja akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Ketika sudah lahir, ia bisa tumbuh menjadi anak inferior, minder, bahkan emosinya tidak terkontrol dengan baik.

Nah, itulah aktivitas yang menakjubkan dari si Kecil saat masih di dalam kandungan. Untuk itu, terus pantau perkembangan janin dan perbanyak perilaku positif sehingga ia bisa dilahirkan dengan sempurna dan sehat. Lakukan yang terbaik untuknya, ya!

author
No Response

Leave a reply "Apa Saja Sih Aktivitas Janin dalam Kandungan?"