Bayi Cerdas? Yuk Penuhi 5 Nutrisi Ibu Hamil Berikut

Bayi Cerdas? Yuk Penuhi 5 Nutrisi Ibu Hamil Berikut

Nutrisi ibu hamil agar bayi cerdas – Melahirkan anak yang sehat dan cerdas merupakan idaman bagi semua ibu hamil, beberapa faktor dapat memperngaruhi kecerdasan bayi salah satunya asupan makanan yang dikonsumsi ibu semasa hamil. Pentingnya asupan nutrisi untuk bayi harus dipersiapkan sedini mungkin sejak bayi berada dalam kandungan karena jika kekurangan nutrisi tidak hanya mempengaruhi kecerdasannya namun juga mempengaruhi kesehatannya saat nanti dilahirkan.

Untuk itu ibu hamil harus benar – benar memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari – hari jika Anda menginginkan bayi lahir sehat dan cerdas. Semakin kebutuhan nutrisinya terpenuhi semakin maksimal juga perkembangan otak bayi selama berada dalam kandungan. Nutrisi yang diperlukan ibu hamil dan janin diperoleh dari makanan sehari – hari, berikut adalah nutrisi ibu hamil agar bayi cerdas yang harus terpenuhi.

Menu makanan ibu hamil agar anak cerdas

1. Sayur dan buah – buahan
Buah – buahan dan sayuran merupakan sumber nutrisi ibu hamil muda karena mengandung banyak vitamin dan gizi yang tinggi. Ibu hamil apalagi saat hamil muda dianjurkan untuk mengkonsumsi 5 porsi sayuran dan buah setiap harinya, sayuran dan buah dapat diolah sesuka hati misalnya dijus atau dibuat salad, lebih bagus lagi jika ibu hamil langsung mengkonsumsi buah – buahan segar.

2. Karbohidrat
Karbohidrat didapat dari nasi, kentang, protein, dan pasta. Ibu hamil juga harus mengkonsumi protein berasal dari hewan dan tumbuhan. Protein yang berasal dari hewan biasa disebut dengan protein hewani yang dapat bersumber dari ayam, daging, ikan dan telur. Sedangkan protein yang berasal dari tumbuhan disebut protein nabati yang berasal dari kacang – kacangan dan biji – bijian.

3. Serat
Makanan yang mengandung serat dapat menekan resiko ibu hamil terserang sembelit, selain itu serat juga dapat membantu perkembangan janin dalam rahim. Makanan yang mengandung serat tinggi dapat mencegah obesitas pada bayi, serat merupakan salah satu makanan ibu hamil agar anak cerdas yang harus ditambahkan pada daftar menu makanan sehari – hari. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi yaitu gandum, buah – buahan, sayuran, dan kacang – kacangan.

4. Kalsium
Perlunya mengkonsumsi kalsium karena janin sangat memerlukan kalsium, jika asupan kalsium tidak terpenuhi maka akan mengambil kalsium yang berada dalam tubuh ibu. Makanan yang mengandung kalsium adalah susu dan produk olahan susu lainnya, selain itu kalsium juga dapat ditemukan dalam brokoli, sawi, kangkung, dan kubis cina.

5. Zinc
Makanan yang mengandung zinc dapat membantu mememnuhi salah satu nutrisi ibu hamil. Zinc merupakan elemen penting yang berperan utama untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Makanan yang mengandung zinc diantaranya kalkun, ayam, daging ikan, kepiting, bawang, kacang, telur, dan tahu.

Macam Рmacam makanan diatas dapat memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil agar bayi cerdas. Jika Anda ingin mempunyai bayi cerdas sebisa mungkin untuk menyiapkan asupan nutrisinya sejak bayi berada dalam kandungan. Baca juga : 4 Ciri Fisik yang Menandakan Bahwa Anak Anda Indigo!

author
No Response

Leave a reply "Bayi Cerdas? Yuk Penuhi 5 Nutrisi Ibu Hamil Berikut"