Bunda, Yuk Simak Perkembangan Janin Usia 7 Minggu

Perkembangan Janin Usia 7 Minggu

Salah satu kebahagiaan terbesar yang dialami oleh ibu hamil adalah menyaksikan perkembangan janin yang dikandungnya dari bulan ke bulan. Perasaan tersebut tentunya sudah mulai dirasakan bahkan ketika Anda baru saja menginjak usia kehamilan awal, yaitu sekitar 7 minggu. Apa sajakah perkembangan janin usia 7 minggu?

Pada perkembangan janin usia 7 minggu ini, zigot yang menempel pada dinding rahim sudah mulai berubah bentuk menjadi embrio, atau cikal bakal bayi Anda. Walaupun ia masih berukuran sangat kecil yaitu sebesar kacang dan belum memiliki bentuk layaknya bayi pada umumnya, calon bayi Anda sudah mulai menunjukkan perkembangan-perkembangan yang cukup pesat.

Bayi Anda sudah mulai memiliki cikal bakal tangan yang mulai memanjang. Ia juga sudah mulai memiliki struktur tulang yang terdiri atas tulang-tulang rawan. Tidak hanya itu saja, organ langit-langit mulut dan tulang gigi pun terbentuk sedikit demi sedikit. Sistem syaraf yang sederhana pun juga mulai menyebar ke sekujur tubuhnya walaupun tentu saja mereka membutuhkan waktu yang lebih lama agar sistem syaraf tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya.  Baca juga: Simak Perkembangan Janin Usia 23 Minggu Yang Mengagumkan

Cikal bakal telinga pada bayi pun sudah mulai terbentuk, walaupun indera pendengaran tersebut baru berada pada tahap awal dan bayi belum memiliki kemampuan untuk mendengarkan suara apapun. Biarpun demikian, pada tahap perkembangan ini otak dan jantung bayi sudah mulai terbentuk dan akan terus tumbuh hingga beberapa bulan ke depan. Selain itu, mata bayi juga sudah mulai terbentuk yang ditandai dengan terbentuknya lipatan transparan yang membentuk dua buah kelopak mata.

Perubahan yang signifikan juga tidak hanya terjadi pada bayi tetapi juga pada Anda. Anda sudah mulai sering mengalami bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil, karena meningkatnya kandungan air dan darah yang disaring oleh ginjal. Selain itu, seperti kebanyakan ibu-ibu hamil pada umumnya, Anda juga mulai sering mengalami morning sickness atau perasaan mual dan bahkan disertai dengan muntah-muntah.

Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesteron saat kehamilan sehingga menyebabkan indera penciuman Anda menjadi lebih tajam. Anda menjadi mudah terganggu dan mual saat Anda mencium bau yang terlalu tajam. Dan karena usia kehamilan 7 minggu ini merupakan salah satu tahap kehamilan yang paling rawan, Anda wajib  memperhatikan pola makan dengan mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi yang dapat membantu tumbuh kembang janin.

Demikianlah perkembangan janin usia 7 minggu. Pastikan bahwa Anda rajin melakukan pemeriksaan USG dengan dokter untuk terus memantau perkembangan buah hati Anda, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Simak Perkembangan Janin Usia 7 Minggu"