Bunda, Yuk Simak Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

Perkembangan Janin Usia 8 Minggu

Bagi Anda yang hingga saat ini sangat menantikan kehadiran malaikat kecil ke tengah-tengah keluarga baru Anda tentu akan sangat bergembira ketika  pada akhirnya Anda memperoleh kabar bahwa Anda pada akhirnya mengandung. Dan walaupun bayi Anda saat ini baru saja berusia 8 minggu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui perkembangan janin usia 8 minggu.

  • Perkembangan Janin

Perkembangan janin usia 8 minggu yang dapat Anda lihat adalah perkembangan dari zigot yang sedikit demi sedikit sudah mulai berubah menjadi embrio. Embrio, yang merupakan cikal bakal dari bayi Anda saat ini mulai bertambah panjangnya, yaitu sekitar 25 mm hingga 30 mm. Cikal bakal kepala pun juga sudah mulai muncul dengan bentuknya yang bulat. Beberapa sel-sel tubuh embrio juga mulai membelah diri dan membentuk cikal bakal anggota tubuh, seperti siku, lengan, dan kaki.   baca juga: Simak Perkembangan Janin Usia 23 Minggu Yang Mengagumkan

Dan walaupun masih belum terlihat jelas, cikal bakal janin Anda sudah memulai pembentukan organ dalam, organ reproduksi serta struktur penyangga seperti kartilago dan tulang. Pada usia kehamilan ini embrio juga sudah mulai menunjukkan aktivitas gerak, walaupun hal tersebut masih belum terasa dan hanya bisa diamati melalui sensor USG. Jaringan-jaringan tubuh seperti jaringan kulit, jaringan keringat, jaringan kelenjar, dan kalenjar minyak pada embrio pun sudah mulai terbentuk walaupun belum berfungsi sebagaimana mestinya.

  • Perubahan Tubuh Pada Ibu

Pada minggu ke-8 dari masa kehamilan, Anda akan merasakan berbagai macam perubahan pada tubuh Anda, baik secara morfologis hingga fisiologis. Perubahan fisiologis meliputi terjadinya gejolak hormon yaitu meningkatnya produksi hormon kewanitaan yaitu hormon progesteron yang memicu perasaan mudah lelah hingga morning sickness.

Sedangkan untuk perubahan fisik, Anda akan merasakan kedua payudara Anda menjadi lebih lembut dan otot payudara menegang sehingga mengakibatkan rasa nyeri.  Ukuran payudara pun mulai membesar, dan juga ditambah dengan perubahan warna pada bagian puting menjadi lebih gelap. Beberapa gejala ini tergolong relatif dan tidak semua ibu hamil menunjukkan gejala yang sama. Namun apabila Anda curiga bahwa Anda hamil di minggu kehamilan ke-8 ini, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter kandungan.

Demikianlah beberapa perkembangan janin usia 8 minggu. Usia kehamilan di trimester awal ini merupakan masa-masa yang paling krusial karena janin Anda masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang lengkap sehingga Anda perlu sangat berhati-hati dengan makanan yang Anda santap serta gaya hidup yang Anda jalani, karena kedua faktor tersebut turut mengambil andil terhadap perkembangan janin Anda. Semoga membantu, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Bunda, Yuk Simak Perkembangan Janin Usia 8 Minggu"