Fakta Menarik Tentang Perkembangan Indera Janin

No comment 1429 views

janin

Hai Ibu, sudah pernah melakukan USG? Tentunya Ibu tahu bagaimana perkembangan janin saat ini. Selain mengetahui perkembangan janin melalui USG, Ibu juga perlu tahu perkembangan alat indera janin dari minggu ke minggu.

Perkembangan janin yang setiap saat mengalami peningkatan merupakan hadiah terindah untuk Ibu. Supaya Ibu bisa lebih mudah mengetahui perkembangan panca indera calon buah hati tersayang, yuk simak informasi berikut ini:

Indera peraba

Indera peraba terbentuk sejak awal diketahuinya usia kehamilan (4 minggu). Kulit tipis janin terbentuk sejak awal kehamilan dan semakin lama akan mengalami penebalan sesuai dengan perkembangan umurnya.

Indera pendengaran

Indera pendengaran mulai terbentuk pada minggu ke-8 dan selesai berkembang pada minggu ke-24. Kerja indera pendengaran dibantu oleh air ketuban yang bisa menjadi penghantar suara dengan baik. Pada minggu ke-25, janin mulai mengenali suara-suara orang terdekatnya, misalnya ibu atau ayahnya. Hal ini bisa dijadikan ajang komunikasi antara orang tua dengan janin.

Indera Perasa

Indera perasa terbentuk pada minggu ke-13 hingga 15. Pada tahap ini, janin sudah bisa merasakan pahit dan manis. Jika air ketuban yang ia rasakan manis, maka janin akan meminumnya dan menelannya. Namun, jika air ketuban rasanya pahit, ia akan memuntahkannya dan enggan untuk minum lagi.

Indera penciuman

Indera penciuman terbentuk pada usia kehamilan 11-15 minggu. Janin menggunakan indera pencium ini untuk mengenali aroma air ketuban yang mirip bau ibunya. Hal inilah yang menyebabkan janin yang baru lahir, dalam beberapa jam bisa mengenali siapa ibunya.

Indera penglihatan

Dari awal kehamilan hingga usia ke-26, mata janin akan selalu tertutup untuk memproduksi retina. Namun, pada minggu ke-16, mata janin sudah dapat mendeteksi adanya pancaran sinar. Pada minggu ke-27, mata janin mulai terbuka dan mendeteksi setiap cahaya yang tertangkap olehnya.

Nah, itulah perkembangan janin dari segi panca inderanya. Mengonsumsi makanan yang bergizi serta rajin berkonsultasi dengan dokter bisa membantu Ibu untuk mengawasi setiap perkembangan janin dan mencegah terjadinya gangguan kesehatan yang tidak diharapkan.

author
No Response

Leave a reply "Fakta Menarik Tentang Perkembangan Indera Janin"