Fakta Unik Perkembangan Janin Dari Minggu Ke-11 Hingga Ke-18

janin

Setiap wanita pasti menginginkan kehamilannya berjalan lancar dan janin bisa tumbuh dengan optimal. Bicara mengenai kehamilan, biasanya USG dilakukan secara rutin untuk memantau perkembangan janin dan mendeteksi dini gangguan yang mungkin terjadi.

Perkembangan janin dari minggu ke minggu tentu menjadi hal yang wajib diketahui Ibu hamil. Berikut, fakta unik perkembangan janin dari minggu ke-11 hingga minggu ke-18:

  • Minggu ke-11

Panjang tubuhnya mencapai sekitar 6,5 cm. Rambut, kuku jari tangan dan kaki mulai tumbuh pada minggu ini. Pada usia ini, sesekali janin sudah mulai menguap lho. Janin juga sudah bisa mengubah posisinya dengan berputar sehingga Ibu dapat merasakannya. Pergerakan ini terkadang terasa menyakitkan tetapi memberi sensasi kebahagiaan tersendiri.

  • Minggu ke-12

Pada minggu ini, bentuk wajah janin sudah sempurna sehingga Ibu sangat bahagia jika melihatnya melalui USG. Jari-jari tangan dan kaki yang mungil sudah terbentuk dengan sempurna.

  • Minggu ke-13

Pada akhir trisemester pertama ini, kelopak matanya merapat untuk melindungi indera penglihatan yang sedang berkembang. Kepala janin mulai membesar dengan cepat daripada organ lain tetapi tetap diimbangi dengan pertumbuhan badannya.

  • Minggu ke-14

Leher si Kecil semakin panjang dan kuat pada minggu ini. Pada fase ini juga akan tumbuh rambut halus di seluruh tubuh yang berfungsi melindungi kulit tipisnya karena belum ada lapisan lemak.

  • Minggu ke-15

Tulang dan sumsum tulang belakang di dalam sistem kerangka terus berkembang. Kulitnya masih sangat tipis sehingga pembuluh darahnya terlihat. Kelopak matanya masih tertutup sehingga menandakan perkembangan mata masih berlanjut. Pada minggu ini, janin sudah bisa mengepalkan tangan dan menghisap ibu jarinya.

  • Minggu ke-16

Bentuk tubuh janin telah terbentuk seutuhnya sehingga membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Oleh karena itu, kebutuhan gizi ibu hamil harus tercukupi setiap harinya.

  • Minggu ke-17

Lapisan lemak mulai berkembang pada minggu ini untuk menjaga suhu tubuhnya setelah lahir. Uniknya, berat lemak mencapai tiga perempat dari total berat badan janin saat lahir, lho.

  • Minggu ke-18

Ibu bisa memperdengarkan musik pada minggu ini sebab alat pendengarannya mulai berfungsi dengan baik. Janin pun akan terkejut jika mendengar suara yang terlalu keras. Mata janin mulai berkembang dengan baik sehingga ia bisa melihat cahaya apabila Ibu menempelkan senter ke perut.

Nah, itulah beberapa fakta unik perkembangan janin dari minggu ke-11 sampai minggu ke-18. Pastikan perkembangannya selalu dalam pantauan Ibu dengan rajin memeriksakan diri ke dokter.

author
No Response

Leave a reply "Fakta Unik Perkembangan Janin Dari Minggu Ke-11 Hingga Ke-18"