Gizi-Gizi Sehat Yang Terkandung Dalam Makanan

Makanan Ibu HamilMakanan Ibu Hamil – Makanan sehat ibu hamil adalah salah satu cara agar kesehatan janin dan ibu hamil itu sendiri selalu terjaga. Sebagai orang tua tentu sangat ingin menjaga kesehatan ibu hamil dan juga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil itu sendiri.

Sebagai orang tua mungkin akan bertanya-tanya tentang makanan sehat ibu hamil yang bisa dikonsumsi agar kesehatan selalu terjaga, dan juga agar perkembangan dari janin bisa seperti apa yang diharapkan oleh orang tua.

Sebagai orang tua yang mungkin ingin tahu tentang makanan apa saja yang memiliki kandungan gizi sempurna dan juga manfaat dari gizi-gizi tersebut. Berikut adalah informasi tentang gizi-gizi sehat yang terkandung dalam makanan yang dapat menjaga kesehatan janin dalam kandungan dan juga kesehatan ibu hamil itu sendiri.

  • Asam Folat

Berperan penting dalam proses perkembangan sistem saraf dan sel darah. Kekurangan asam folat bisa menyebabkan gangguan pada pembentukan otak hingga terjadinya kecacatan pada susunan sistem saraf pusat maupun otak. Ibu hamil membutuhkan 800 mcg asam folat per han, terutama pada trimester pertama kehamilan. Makanan sumber asam folat adalah sayuran berwarna hijau, seperti bayam, brokoli, wortel, dan juga terdapat pada buah-buahan, seperti pisang dan tomat.

  • Vitamin E

Berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Bisa didapatkan dan sayuran hijau, gandum, dan kacangkacangan.

  • Vitamin D

Berperan dalam proses pembentukan dan perkembangan tulang janin. Sumber vitamin D terdapat pada sinar matahari pagi, minyak hati ikan, susu, dan kuning telur.

  • Vitamin B Kompleks

Berperan dalam menjaga agar sistem saraf, otot, dan jantung berfungsi normal. Bisa ditemukan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, dan produk olahan susu.

  • Kalsium

Kebutuhan ibu hamil akan kalsium adalah sebanyak 1.200 gram untuk menunjang pertumbuhan tulang dan gigi janin. Saat tubuh kekurangan kalsium maka janin akan mengambil kalsium dan tulang ibu. Itulahyang menyebabkan ibu hamil sering merasa sakit pada punggung, gigi, atau bagian lainnya yang mengindikasikan bahwa ibu sedang kekurangan kalsium. Bisa dipenuhi dan sayuran hijau, susu, keju, yogliurt, dan lainnya.

No Response

Leave a reply "Gizi-Gizi Sehat Yang Terkandung Dalam Makanan"