Gizi Ibu Hamil – Gizi Untuk Kesehatan Kandungan

gizi ibu hamilGizi Ibu Hamil – Kehamilan adalah salah satu momen yang sangat membahagiakan bagi beberapa pasangan muda. Tapi, terkadang mereka lupa akan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memberikan gizi seimbang untuk sang ibu dan janin. Dalam masa kehamilan, nutrisi yang diperlukan tidak hanya untuk ibu, tetapi juga untuk janin, artinya asupan gizi harus ditingkatkan agar semua kebutuhan nutrisi ibu dan bayi terpenuhi.

Mungkin kita dapat menemui beberapa kasus bahwa ada anak yang terlahir cacat atau kekurangan gizi. Salah satu penyebab hal tersebut adalah kurangnya asupan gizi yang dikonsumsi sang ibu pada masa kehamilan. berikut adalah sebagian gizi-gizi yang di butuhkan kandungan.

  • Zat Seng

Kelahiran prematur tentunya tidak kita inginkan, maka untuk mencegahnya dibutuhkan yang namanya zat seng. Zat ini bisa kita dapatkan dari gandum, daging merah, kacang-kacangan dan juga sarapan sereal yang sudah terkandung didalamnya zat seng. Zat seng dibutuhkan oleh ibu hamil tiap hari sebesar 25 mg.

  • Kalsium

Kalsium diperoleh melalui susu dan ikan teri. Kalsium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu pembuluh darah berkontraksi dan berdilatasi serta mengantarkan sinyal saraf, kontraksi otot dan sekresi hormon. Kalsium juga sangat baik untuk menguatkan tulang dan gigi. Diperlukan 1000 mg kalsium setiap harinya untuk kebutuhan gizi ibu hamil. Kekurangan kalsium saat hamil akan berdampak pada ibunya, karena kalsium yang dibutuhkan oleh bayi terambil atau diserap dari tulang ibu. 

  • Vitamin C

Vitamin C juga memiliki peranan penting bagi ibu hamil. Dibutuhkan 85 mg vitamin C perhari yang bertujuan untuk membantu penyerapan zat besi didalam tubuh. Selain itu vitamin C merupakan antioksidan yang dapat membentuk kolagen dan membawa sinyal kimia di otak. Antioksidan juga dapat melindungi jaringan dari kerusakan. Sumber vitamin C bisa Anda dapatkan melalui buah-buahan seperti tomat, jambu biji, jeruk dan lain sebagainya.

  • Vitamin A

Fungsi dari Vitamin A untuk penglihatan, pertumbuhan dan perkembangan embrio. Dampak yang terjadi pada ibu hamil apabila kekurangan vitamin A adalah bayi akan terlahir prematur yang memiliki berat rendah. Jadi vitamin A itu sangat penting untuk gizi ibu hamil. Vitamin ini bisa diperoleh lewat sayur-sayuran seperti wortel dan juga terdapat pada mentega, kuning telur maupun susu.

No Response

Leave a reply "Gizi Ibu Hamil – Gizi Untuk Kesehatan Kandungan"