Ibu Hamil – Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dan Janin

ibu hamilIbu Hamil – Bagi setiap pasangan suami istri proses kehamilan adalah salah satu moment yang paling membahagiakan dalam hidup. Pada waktu hamil para calon ibu sering berhadapan dengan kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan calon bayi, misalnya mual-mual pada waktu pagi, keinginan ngidam makanan tertentu, lebih sensitif terhadap bau dan lain-lain. Namun dari semua pengalaman tersebut terdapat hal utama yang harus diperhatikan ibu hamil, yaitu pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan janin.

Saat hamil terkadang para calon ibu mengalami banyak kondisi medis yang dapat mempengaruhi kesehatan calon bayi, misalnya mual-mual pada waktu pagi, keinginan ngidam makanan tertentu, lebih sensitif terhadap bau dan lain-lain. Namun dari semua pengalaman tersebut terdapat hal utama yang harus diperhatikan ibu hamil, yaitu pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan janin.

Para calon ibu harus memperluas pengetahuan dengan membaca berbagai tips kesehatan saat hamil karena pada saat seorang wanita hamil, sebenarnya dia memberi nutrisi untuk dua tubuh, yaitu dirinya sendiri dan janin yang ada dalam tubuh.

Fakta menunjukkan bahwa ibu hamil hanya membutuhkan tambahan berkisar 200-300 ekstra kalori setiap harinya. Itu pun dibutuhkan pada kehamilan trimester kedua dan ketiga. Berikut ini tips memberi nutrisi pada bayi di dalam kandungan.

  • Hindari alkohol karena akan menyebabkan anak kesulitan belajar, perilaku hiperaktif, dan agresif.
  • Penuhi kebutuhan zat besi karena pada masa kehamailan kebutuhan zat besi akan meningkat dua kali lipat hingga sekitar 30 mg per hari. Zat besi dapat membantu distribusi oksigen melalui sirkulasi darah ibu yang meningkat 50 persen dengan asupan zat besi yang cukup.
  • Jangan mengonsumsi junkfood dan kurangi asupan kafein karena mengonsumsi 200 mg kafein setiap hari dapat meningkatkan risiko keguguran.
  • Sebisa mungkin, Anda konsumsi makanan organik karena bebas pestisida, sudah pasti aman dikonsumsi.
  • Jangan sepelekan minum air yang cukup dan makanan yang mengandung serat, khususnya dalam buah dan sayuran. Minumlah sedikitnya 8 gelas setiap hari. Konsumsi sedikitnya dalam sehari 25-35 gram serat.
  • Jika mengonsumsi hasil laut, jangan memakan ikan yang mengandung merkuri tinggi, seperti ikan hiu, king mackerel, dan swordfish. Pilihlah yang aman dari merkuri, seperti ikan tuna sebanyak 12 ons setiap minggu.
No Response

Leave a reply "Ibu Hamil – Tips Menjaga Kesehatan Tubuh dan Janin"