Ikuti Perkembangan Janin Dari Minggu Ke-32 Hingga Ke-35

janin

 

Perkembangan janin dari minggu ke minggu merupakan hal yang tak boleh dilewatkan oleh para ibu. Dengan pemantauan secara berkala melalui USG, Anda bisa mengetahui pertumbuhan janin secara mendetail dan juga dapat mencegah berbagai gangguan kesehatan yang mungkin dialami.

Mengetahui perkembangan janin sangatlah penting dilakukan terlebih lagi jika usia kehamilan memasuki minggu ke 32. Selain dapat mengetahui perkembangan janin melalui pemeriksaan medis, Anda juga bisa lho menyimak informasinya lewat penjelasan berikut ini:

  • Minggu ke-32

Jari kaki dan tangan sudah lengkap dan sempurna dengan tumbuhnya kuku. Bulu mata, alis, dan rambut di kepala janin juga semakin jelas jika dilihat melalui USG. Kelopak matanya sudah bisa bekerja dengan sempurna dan telah terbuka lebar.

Sistem pendengaran telah terbentuk sempurna pada minggu ini. Ibu bisa memberikannya hiburan musik klasik agar si Kecil semakin bahagia di dalam kandungan. Janin sudah mulai bisa bermimpi pada minggu ini.

  • Minggu ke-33

Wajah bayi sudah terlihat mirip ayah dan ibunya. Otak janin semakin berkembang pesat dan bisa berkoordinasi dengan organ lain dalam tubuhnya. Meskipun tulang-tulangnya telah mengeras, tetapi otot-ototnya belum benar-benar bersatu.

Janin sudah bisa mengambil nafas dalam-dalam walaupun air ketuban masih menyelimuti tubuhnya. Janin laki-laki sudah memiliki testis yang mulai turun dari perut menuju skrotum. Berat janin pada minggu ini sekitar 1800-1900 gram dengan tinggi mencapai 43-35 cm.

  • Minggu ke-34

Menakjubkan! Janin sudah bisa membuka dan menutup mata apabila ia merasakan kantuk dan ingin tidur. Selain itu, posisi janin sudah berada di ambang pintu rahim yang seakan ingin segera keluar.

Antibodi terus diberikan ke dalam tubuh janin melalui darah Ibu sehingga sistem kekebalan tubuhnya semakin baik. Proses ini akan berlangsung hingga Ibu menyusui dengan perantara ASI. Beratnya sekarang mencapai 2000-2010 gram dengan tinggi 45-46 cm.

  • Minggu ke-35

Lemak pada tubuhnya sudah mulai memadat pada bagian kaki dan tangan. Lemak ini berfungsi untuk menghangatkan tubuh janin selama dalam kandungan. Janin yang semakin besar seakan memenuhi rahim Ibunya. Testis janin laki-laki pada minggu ini semakin sempurna.

Nah, itulah perkembangan janin pada minggu ke-32 hingga ke-35. Tetaplah berkonsultasi secara rutin dengan dokter agar Ibu bisa memantau perkembangannya sembari mempersiapkan diri menghadapi persalinan.

author
No Response

Leave a reply "Ikuti Perkembangan Janin Dari Minggu Ke-32 Hingga Ke-35"