Ingin Tahu Usia Berapa Janin Mulai Bergerak?

imgpsh_fullsize (15)

Setiap ibu hamil pastinya menantikan saat-saat dimana mereka sudah mulai bisa merasakan gerakan-gerakan dari bayi yang ada di dalam kandungan. Untuk ibu yang menjalani kehamilan pertama mereka bahkan mungkin terkejut saat menyadari bahwa si kecil sudah dapat menjalin komunikasi dengan menendang-nendang dinding rahim. Hanya saja, tidak semua orang tahu usia berapa janin mulai bergerak?

Jadi, usia berapa janin mulai bergerak? Umumnya, ibu hamil akan mulai merasakan gerakan-gerakan dari bayi saat mereka menginjak usia kehamilan sekitar 16 hingga 22 minggu. Akan tetapi, ternyata bayi Anda sebenarnya sudah mulai bergerak di usia 7-8 minggu. Jika ini adalah kehamilan pertama Anda, Anda mungkin mengalami kesulitan dalam mendeteksi gerakan bayi Anda.

Seringkali ibu hamil yang baru kali ini mengandung akan menganggap bahwa gerakan dari bayi sebagai tanda bahwa mereka sedang lapar atau karena adanya angin di usus yang menyebabkan perut Anda berbunyi. Lain halnya jika dibandingkan dengan Anda yang sudah pernah hamil. Anda akan dapat mendeteksi gerakan bayi tersebut jauh lebih dini. Selain itu, pada umumnya Anda dapat merasakan gerakan-gerakan bayi saat Anda sedang berada dalam posisi duduk atau berbaring.

Selain itu, faktor ukuran tubuh ibu hamil pun turut mempengaruhi kepekaan Anda dalam merasakan gerakan bayi. Apabila Anda memiliki ukuran tubuh yang kecil dan kurus, maka Anda dapat dengan lebih mudah merasakan gerakan bayi dibandingkan dengan Anda yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dan gemuk.

Tentunya Anda juga merasa penasaran, sensasi seperti apa sih yang dirasakan oleh ibu hamil saat bayi Anda bergerak di dalam rahim? Kebanyakan ibu hamil mendeskripsikan sensasi tersebut seperti popcorn yang meloncat-loncat, atau seperti ada sekumpulan kupu-kupu yang terbang di dalam perut Anda. Anda juga sering menyangka bahwa rasa sakit di perut Anda adalah karena lapar. Akan tetapi, lama-kelamaan Anda akan menyadari bahwa hal tersebut disebabkan oleh bayi Anda yang bergerak-gerak di dalam rahim saat gerakan bayi sudah mulai teratur.

Gerakan dari bayi juga cenderung lemah dan jarang-jarang, walaupun seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, Anda mulai akan merasakan gerakan-gerakan bayi yang lebih teratur, tepatnya ketika Anda menginjak trimester ke-2.

Nah, semoga jawaban di atas dapat menjawab pertanyaan Anda tentang “usia berapa janin mulai bergerak?”, ya Moms.

author
No Response

Leave a reply "Ingin Tahu Usia Berapa Janin Mulai Bergerak?"