Inilah Tanda-Tanda Gerakan Bayi Menjelang Persalinan

tanda gerakan bayi menjelang persalinan

Anda saat ini sudah memasuki masa trimester akhir, dan hari kelahiran pun semakin mendekat. Tentunya perasaan Anda pun bercampur-aduk, mulai dari bahagia dan juga sedikit rasa cemas dan takut. Anda pun mungkin diliputi sedikit rasa penasaran akan seperti apa gerakan-gerakan bayi selama mendekati masa persalinan. Apa sajakah tanda-tanda gerakan bayi menjelang persalinan?

  • Minggu Ke-37

Tanda-tanda gerakan bayi menjelang persalinan di minggu ke-37 adalah bayi mulai merubah posisi dengan arah kepala berada di dekat mulut rahim. Bayi Anda kini mulai turun ke area panggul. Selain itu lapisan-lapisan bulu halus pun mulai mengalami kerontokan, ditambah lagi vernix caseosa atau lapisan pelindung bayi selama ia berada di dalam rahim pun perlahan mulai menghilang dan ditelan oleh bayi. Hal tersebutlah yang menyebabkan kotoran pertama dari bayi nantinya berwarna hitam.

  • Minggu ke-38

Di usia kehamilan ini, bayi mulai menyimpan cukup banyak lapisan lemak untuk membantu menjaga suhu tubuh agar tetap stabil dan hangat saat bayi sudah terlahir ke dunia. Di masa ini otot rahim mulai mempersiapkan diri untuk mendorong bayi keluar saat hari persalinan tiba, dan itulah mengapa di minggu ini Anda akan mulai merasakan beberapa kali kontraksi.   Baca juga: Moms, Inilah Cara Atasi Hiperpigmentasi Pada Ibu Hamil

  • Minggu ke-39

Di minggu ini gerakan bayi sudah makin mendekati mulut rahim dan menandakan hari kelahiran sudah semakin dekat. Cairan amnion pun mulai mengalami perubahan dari warna jernih menjadi pucat layaknya susu.

  • Minggu ke-40 

Di minggu ke-40, organ paru-paru bayi sudah mulai berkembang dan berfungsi dengan lebih sempurna. Testis sebagai organ reproduksi milik bayi laki-laki telah turun. Kondisi rahim pun sedikit demi sedikit mulai menyusut dan mendorong bayi semakin mendekati jalur lahir.

Dalam tahap ini, Anda pun akan sering mengalami beberapa keluhan, seperti rasa sakit di bagian panggul dan tulang belakang. Kontraksi palsu pun tetap terjadi, dan cukup banyak ibu hamil yang menyangka bahwa kontraksi palsu tersebut adalah kontraksi asli, di sini Anda harus lebih peka untuk membedakan manakah kontraksi palsu dan wajib mewaspadai terjadinya kontraksi asli.

Tanda-tanda gerakan bayi menjelang persalinan adalah pecahnya air ketuban yang juga menandakan bahwa gerakan bayi telah mendorong kantong amnion hingga lapisan membran tersebut pecah. Pecahnya ketuban juga menandakan bahwa hari kelahiran sudah tiba. Bagian kepala bayi mulai menekan area cervis sehingga memicu pelepasan zat prostaglandin yang berfungsi untuk memicu terjadinya kontraksi asli. Semoga informasi ini bermanfaat, Moms.

author
No Response

Leave a reply "Inilah Tanda-Tanda Gerakan Bayi Menjelang Persalinan"