Ketahui, 4 Jenis Kosmetik yang Berbahaya untuk Ibu Hamil

perkembangan janin

Selamat Pagi Moms, apa kabar hari ini? Selama hamil ini, tentu saja harus tetap menjaga penampilan agar bisa mempesona dalam setiap acara. Untuk mendukung hal ini biasanya Anda menggunakan kosmetik. Namun, tanpa disadari jika kandungan bahan kimia dalam kosmetik dapat mengganggu perkembangan janin. Yuk, ketahui beberapa kosmetik yang tidak aman digunakan saat hamil berikut ini:

  • Lipstik

Ternyata perona bibir ini mengandung banyak zat berbahaya seperti timbal. Timbal ini mudah saja tertelan ke dalam tubuh saat minum atau makan. Zat ini tentu saja berbahaya karena bisa menyebabkan pertumbuhan yang tidak normal pada tubuh janin. Apabila hal ini terjadi dapat meningkatkan risiko lahir bayi cacat dan pertumbuhan kerdil. Untuk itu, pilihlah lipstik yang terbuat dari bahan-bahan alami dan gunakan saat ada acara saja.

  • Sampo

Sabun pencuci rambut ini tidak mungkin dihindari karena membantu untuk membersihkan rambut dan membuatnya lebih indah. Namun, gunakanlah sampo yang sudah mendapatkan lisensi dari BPOM. Sebab, saat ini banyak ditemui sampo yang memiliki kandungan bahan beracun yang bisa membahayakan ibu hamil dan janinnya. Sebelum membeli, pastikan bahwa kemasannya masih utuh dan bagus serta sampo yang di dalamnya memiliki bau sedap serta tidak menyengat.

  • Parfum dan Deodoran

Kedua bahan ini memang tak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari agar tetap wangi sepanjang hari. Namun, kedunya ternyata mengandung banyak alkohol yang tentu saja berbahaya untuk tumbuh kembang janin. Sebaiknya, hindari penggunaan kedua bahan ini apabila tidak sedang ada acara. Untuk menghindari bau tak sedap, seringlah mandi dan menggunakan sabun herbal agar tetap percaya diri meskipun sedang banyak aktivitas yang mengeluarkan banyak keringat.

  • Cat Kuku

Untuk mengisi waktu santai, memang paling enak duduk sambil mempercantik kuku. Aktivitas ini sah-sah saja apabila sedang tidak hamil. Namun, jangan melakukan aktivitas ini saat sedang mengandung karena bahan ini kurang aman untuk kesehatan ibu dan janin. Kandungan alkohol serta bahan pewarna dalam cat kuku dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui sel-sel kuku.

Setelah bunda mengetahui berbagai macam kosmetik berbahaya, ada baiknya ibu hamil tidak menggunakan kosmetik – kosmetik berbahaya tersebut saat hamil. Berikut ini berbagai macam bahaya kosmetik bagi ibu hamil yang harus diketahui :

1. Bayi Cacat
Kandungan retinoid yang ada di dalam bahan kosmetik seperti obat jerawat bisa mengakibatkan bayi yang dimiliki ibu hamil mengalami kecacatan ketika dilahirkan. Obat jerawat dengan retinoid dan bahan berbahaya lainnya dalam dosis tinggi bisa mempercepat kecacatan bayi. Berikut ini contoh kecacatan bayi akibat kosmetik :

  • Jari dempet atau berdempetan
  • Memiliki jumlah jari yang kurang
  • Memiliki jari yang berlebihan
  • Mata juling

2. Janin Keracunan
Aroma parfum yang menyengat dan juga berbahaya bisa masuk ke dalam tubuh, saat masuk ke dalam tubuh kandungan berbahaya di dalam parfum tersebut bisa menyebabkan keracunan janin.

3.Kematian pada Bayi

Dampak paling buruk adalah kosmetik bisa menyebabkan kematian bayi. Entah itu bayi yang ada di dalam kandungan maupun bayi yang barusaja dilahirkan. Bahan kosmetik yang bisa menyebabkan kematian adalah bahan loga, merkuri dan juga hydroquinone.

Nah, itulah beberapa kosmtik yang mengancam perkembangan janin. Gunakanlah beberapa kosmetik tersebut saat dibutuhkan dan diperlukan saja. Tentu kesehatan ibu dan perkembangan janin harus diprioritaskan daripada penampilan. Yuk, lakukan yang terbaik untuk merawat tubuh, ya!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui, 4 Jenis Kosmetik yang Berbahaya untuk Ibu Hamil"