Ketahui Fase Perkembangan Janin Minggu Ke-36 Hingga Ke-40

janin

Memasuki minggu akhir kehamilan tentu membuat Ibu merasa sangat kelelahan karena perut yang semakin membuncit. Rasa lelah tersebut tentu bisa hilang jika Ibu mengetahui perkembangan janin pada akhir trisemester ketiga.

Sejak awal kehamilan, Ibu selalu memantau perkembangan janin dengan rajin berkonsultasi dengan dokter. Nah, di minggu-minggu akhir kehamilan ini, Ibu juga perlu tahu perkembangan janin yang sudah siap untuk lahir ke dunia ini. Yuk, simak perkembangan janin pada minggu ke-36 hingga ke-40 berikut ini:

  • Minggu ke-36

Perkembangan janin pada minggu ini sangat luar biasa. Kulit janin sudah sangat sempurna dan lembut. Lapisan lemak sudah memenuhi bagian lengan dan betis janin. Ginjal si Kecil juga sudah bekerja dengan baik dan livernya sudah memproduksi kotoran. Sistem pernapasannya sudah terbentuk dan bekerja dengan baik. Berat janin pada minggu ini sudah mencapai 2400-2450 gram dengan tinggi badan 47-48 cm.

  • Minggu ke-37

Pada minggu ini, kepala janin mulai turun ke ruang pelvik. Bentuk janin semakin membulat dan kulitnya berwarna merah jambu. Rambutnya tumbuh dengan lebat dan bertambah 5 cm. Kuku-kuku janin telah terbentuk sempurna.

Janin mulai belajar untuk mengatur pernapasannya meskipun dirinya kini masih berada dalam air. Berat tubuhnya sudah mencapai 2700-2800 gram dengan tinggi 48-49 cm. Di minggu ini, si Kecil mulai belajar mengenai aktivitas harian.

  • Minggu ke-38

Umumnya, pada minggu ini perut ibu hamil tidak akan bertambah besar karena janin sudah mencapai ukuran maksimal. Saat memeriksakan diri, dokter akan mengevaluasi kadar zat besi pada tubuh Ibu untuk mendeteksi anemia. Jika ibu hamil mengidap anemia, dikhawatirkan proses persalinan akan berbahaya karena adanya perdarahan hebat. Memperbanyak konsumsi makanan kaya zat besi tentu harus Ibu lakukan agar siap menghadapi persalinan yang menguras energi.

  • Minggu ke-39

Seluruh organ janin sudah berfungsi secara sempurna. Ibu mungkin merasa tidak nyaman karena tekanan pada rongga panggul yang semakin besar. Berat janin sudah mencapai 3000-3200 gram pada minggu ini.

  • Minggu ke-40

Perkembangan janin pada minggu ini berada pada tahap akhir karena organnya sudah sempurna. Janin yang semakin membesar telah memenuhi rahim dan tidak memiliki ruang gerak.

Nah, itulah perkembangan janin dari minggu ke-36 hingga ke-40. Mempersiapkan diri menghadapi persalinan perlu dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan untu menambah energi. Selamat menanti kelahiran buah hati, Bu!

author
No Response

Leave a reply "Ketahui Fase Perkembangan Janin Minggu Ke-36 Hingga Ke-40"