Menjaga Perkembangan Janin Usia 4 Bulan

Perkembangan JaninPerkembangan Janin – Sebagai orang tua menjaga kesehatan janin adalah kewajiban yang sangat penting demi kesehatan bayi ketika sudah keluar dari kandungan kelak. Sebagai orang tua tentu ingin sekali menjaga perkembangan janin agar kelak sang buah hati bisa tumbuh dengan membanggakan.

Berikut ini adalah informasi yang mungkin bisa di gunakan oleh orang tua agar perkembangan janin usia 4 bulan bisa berkembang dengan baik dan sehat, Tentunya akan membanggakan orang tua.

Perkembangan janin usia 4 bulan

Pada periode ini, ibu sangat disarankan untuk mulai mencari kelas-kelas senam hamil yang ada si daerah ibu. Bukan hanya itu, pada akhir kehamilan trimester kedua, ibu juga bisa mulai berbelanja kebutuhan bayi. Pada awal kehamilan trimester ketiga dan akhir, ibu akan mengalami banyak keluhan fisik dan emosi. Pada saat itu, ibu tidak tahu apakah ibu bisa berbelanja kebutuhan bayi atau tidak, maka persiapkanlah paling tidak separuh dari kebutuhan bayi pada kehamilan trimester kedua.

Perkembangan janin 4 bulan dalam kandungan ditandai dengan pergerakannya yang semakin aktif walaupun anda masih belum bisa merasakan gerakannya. Ia mungkin mulai suka menghisap jempolnya dan tengkoraknya juga semakin solid. Tulang rusuknya mulai terbentuk namun belum terlalu kelihatan. Di awal tahap perkembangan janin trimester kedua hormon kehamilan mulai bekerja. Kelenjar prostat atau ovari berkembang. Langit-langit mulut bayi hampir sempurna.

  • Perkembangan janin 17 minggu

Sekitar minggu ketiga dari perkembangan janin trimester kedua, bayi anda sudah memiliki lapisan kulit transparan dan membentuk alis mata dan rambut di kepalanya. Mata dan telinga semakin terbentuk dan tulang serta sumsum sekarang terbentuk.

  • Perkembangan janin 18 minggu

Pada minggu ke-18 kehamilan anda mungkin bisa merasakan tanda-tanda pertama kehidupan dalam rahim anda. Jika tidak, anda akan segera merasakannya. Pendengaran bayi anda semakin baik sekarang. Ia bisa mendengar suara anda dan lawan bicara anda secara samar-samar. Ototnya bergerak secara refleks dan ginjalnya sudah memproduksi urin yang disimpan dalam kantung amniotic setelah dikeluarkan. Proses perkembangan janin 18 minggu dalam kandungan lainnya yang cukup signifikan adalah terbentuknya lapisan lemak (verniks) dan rambut yang sangat halus (lanugo) untuk melindungi kulitnya yang tipis.

No Response

Leave a reply "Menjaga Perkembangan Janin Usia 4 Bulan"