Pentingnya Air Putih Dan Olah Raga Untuk Ibu Hamil

Ibu HamilIbu Hamil – Menjaga kesehatan Ibu hamil tentu adalah tanggung jawab sang suami juga. Menjaga kesehatan ibu hamil agar bayi yang ada di dalam kandungan bisa tumbuh secara sehat fisik maupun cerdas otak memang cukup susah. Dalam menunjang perkembangan kesehatan otak anak, mungkin dengan memberikan nutrisi adalah salah satu cara yang sudah dapat ditebak oleh setiap orang tua.

Orang tua yang ingin menjaga kesehatan janin yang ada dalam kandungan ibu, tentu dengan memberikan nutrisi yang lengkap pada janin. Tetapi tidak boleh di lupakan juga bila kesehatan ibu hamil itu sendiri adalah faktor pendukung juga dari proses berkembangannya janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

Untuk para ibu hamil yang ingin tahu tentang cara menjaga kesehatan bayi, terdapat 2 cara mudah dalam menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Dengan memperbanyak minum air putih dan memperbanyak kegiatan olah raga agar kesehatan ibu selalu terjaga. Untuk para orang tua yang kurang paham tentang memperbanyak mengkonsumsi air putih dan sering berolah raga, Berikut ini adalah penjelasannya.

  • BANYAK MINUM AIR.

Tips kesehatan ini sangat bermanfaat untuk meringankan rasa mual yang sering dialami ibu hamil pada permulaan kehamilan. Tetapi perlu diingat bahwa minuman mengandung kafein dan rasa yang terlalu asam sebaiknya dihindari. Pilihan terbaik untuk menyertai air putih adalah buah-buahan seperti semangka, pepaya, tomat, dan melon.

  • OLAH RAGA.

Menurut American College of Obstetricians Gynecologists, olah raga yang paling sesuai bagi ibu hamil pada trimester pertama adalah bersepeda, berenang dan berjalan. Tips kesehatan ini akan bermanfaat bagi kelancaran sirkulasi darah dan menekan stres. Jangan melakukan olah raga yang bersifat aerobik seperti lari atau loncat tali karena dapat menimbulkan goncangan pada rahim dan dapat menggangu perkembangan janin, serta membuat ibu hamil kekurangan oksigen dan kepanasan. Ditambah lagi ada beberapa wanita mengalami gangguan keseimbangan, maka sebaiknya menggunakan sepeda statis untuk menghindari kecelakan di jalan. Selain itu lembaga ini juga menyebutkan beberapa olah raga yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, yaitu scuba diving, berkuda, dan ski. Scuba diving dapat menimbulkan resiko penyakit dekompresi yang menimbulkan tumpukan nitrogen dalam tubuh dan dapat berakibat fatal bagi janin. Berkuda memiliki risiko besar untuk terjatuh, sementara ski menuruni bukit dapat mengurangi pasokan oksigen bagi janin.

No Response

Leave a reply "Pentingnya Air Putih Dan Olah Raga Untuk Ibu Hamil"