Pentingnya Menjaga Kehamilan Di Trimester Pertama

Hamil MudaHamil Muda – Kehamilan adalah keajaiban yang tidak dapat dibeli dengan materi, bahkan beberapa wanita sulit hamil rela menghabiskan puluhan hingga ratusan juta agar dirinya bisa hamil, meski dengan resiko apapun. Namun setelah hamil, tentu seorang wanita tidak boleh bertindak atau beraktifitas yang mampu membahayakan janin di dalam

Banyak hal yang sebaiknya diketahui oleh ibu hamil untuk memelihara kesehatan tubuh dan janin di dalam kandungan, baik itu saat awal kehamilan sampai proses persalinan. Ada banyak pula persiapan yang harus dilakukan untuk menjalani persalinan dengan lancar. Permasalahan yang paling ditakutkan dan berisiko tinggi ibu hamil di trimester pertama adalah keguguran.

Pada trimester pertama tersebut, ibu hamil harus menjaga asupan makanan untuk menghindari agar janin tidak cacat lahir. Meski biasanya pada usia kehamilan ini, ibu hamil mengalami Morning Sickness, tetap usahakan untuk mengkonsumsi asam folat 400 mg setiap hari. Perlu anda ketahui, bahwa perut yang kosong, akan memperparah rasa mual pada ibu hamil.

Makanlah sedikit demi sedikit dengan intensitas lebih sering untuk menghindari rasa mual di awal kehamilan. Anda juga bisa mengkonsumsi pisang, atau makanan dengan aroma segar, seperti biscuit jahe, teh, salad, jus jeruk atau makanan dengan rasa mint. Hindari makanan yang banyak mengandung vitamin A, dan perbanyak makanan yang mengandung zat besi untuk mencegah anemia. Hindari juga sinar UV untuk mencegah masalah kulit yang sering terjadi pada wanita hamil muda.

Selama trimester pertama banyak ibu hamil yang mengalami mual dan muntah. Untuk itu hindarilah makanan yang memiliki bau menyengat yang dapat menyebabkan Anda mual dan muntah. Minumlah air hangat di pagi hari, karena air hangat dapat memberikan rasa nyaman pada perut. Bila Anda mengalami mual dan muntah yang berlebihan dan mengganggu aktivitas Anda, segeralah hubungi dokter dan mintalah obat anti mual untuk mengurangi gangguan mual-mual pada Anda.

Pada trimester pertama biasanya terjadi peningkatan hormon progesteron yang menyebabkan terkumpulnya gas dalam saluran pencernaan sehingga perut menjadi kembung. Untuk mengatasi perut kembung saat hamil, hendaknya ibu hamil makan dalam porsi kecil tetapi sering.

No Response

Leave a reply "Pentingnya Menjaga Kehamilan Di Trimester Pertama"