Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

No comment 2548 views

Perkembangan Janin Usia 12 Minggu

Perkembangan janin – Mulai dari Bertemunya Sel Telur dengan Sperma, perkembangan janin dari ke minggu selama kehamilan, hingga siap lahir, merupakan hal yang sangat menarik untuk diikuti. Perkembangan janin sehat merupakan dambaan setiap Ibu, Memeriksakan kandungan secara rutin ke bidan maupun dokter kandungan merupakan cara cerdas dalam menjaga perkembangan janin tetap sehat.

Berikut perkembangan janin dari mulai usia 1 minggu hingga 12 minggu masa kehamilan:

Perkembangan janin Minggu ke-1: ini adalah minggu permulaan, bahkan pembuahan pun belum terjadi. Proses pembentukan antara sperma dan telur yang memberikan informasi kepada tubuh bahwa telah ada calon bayi dalam rahim. Saat ini janin sudah memiliki segala bekal genetik, sebuah kombinasi unik berupa 23 jenis kromosom manusia.

Perkembangan janin Minggu ke-2: Pembuahan terjadi pada akhir minggu kedua. Sel telur yang telah dibuahi membelah dua 30 jam setelah dibuahi. Sambil terus membelah, sel telur bergerak di dalam lubang falopi menuju rahim. Setelah membelah menjadi 32, sel telur disebut morula. Sel-sel mulai berkembang dan terbagi kira-kira dua kali sehari sehingga pada hari yang ke-12 jumlahnya telah bertambah dan membantu blastocyst terpaut pada endometrium

Perkembangan janin Minggu 3: Sampai usia kehamilan 3 minggu, Anda mungkin belum sadar jika sedang mengandung. Sel telur yang telah membelah menjadi ratusan akan menempel pada dinding rahim disebut blastosit. Ukurannya sangat kecil, berdiameter 0,1-0,2 mm.

Perkembangan janin Minggu ke-4: Hasil Pembuahan mulai memproduksi hormon kehamilan, sehingga apabila Anda melakukan test kehamilan, hasilnya positif.

Perkembangan janin Minggu ke-5: Terbentuk 3 lapisan yaitu ectoderm, mesoderm dan endoderm. Ectoderm adalah lapisan yang paling atas yang akan membentuk system saraf pada janin tersebut yang seterusnya membentuk otak, tulang belakang, kulit serta rambut. Lapisan Mesoderm berada pada lapisan tengah yang akan membentuk organ jantung, buah pinggang, tulang dan organ reproduktif.

Perkembangan janin Minggu ke-6: Ukuran embrio rata-rata 2-4 mm yang diukur dari puncak kepala hingga bokong. Tuba saraf sepanjang punggung bayi telah menutup. Meski Anda belum bisa mendengar, jantung bayi mulai berdetak pada minggu ini. Sistem pencernaan dan pernafasan mulai dibentuk, pucuk-pucuk kecil yang akan berkembang menjadi lengan kaki pun mulai tampak

Perkembangan janin Minggu ke-7: Akhir minggu ketujuh, panjangnya sekitar 5-13 mm dan beratnya 0,8 gram, kira-kira sebesar biji kacang hijau. Pucuk lengan mulai membelah menjadi bagian bahu dan tangan yang mungil. Jantung telah dibagi menjadi bilik kanan dan bilik kiri, begitu pula dengan saluran udara yang terdapat di dalam paru-paru

Perkembangan janin Minggu ke 8: Panjang kira-kira 14-20 mm. Banyak perubahan yang terjadi pada bayi Anda. Jika Anda bisa melihat , ujung hidung dan kelopak mata mulai berkembang, begitu pula telinga. Brochi, saluran yang menghubungkan paru-paru dengan tenggorokan, mulai bercabang. Lengan semakin membesar dan ia memiliki siku.

Perkembangan janin Minggu ke-9: Telinga bagian luar mulai terbentuk, kaki dan tangan terus berkembang berikut jari kaki dan tangan mulai tampak. Ia mulai bergerak walaupun Anda tak merasakannya. Dengan Doppler, Anda bisa mendengar detak jantungnya. Minggu ini, panjangnya sekitar 22-30 mm dan beratnya sekitar 4 gram.

Perkembangan janin Minggu ke-10: Semua organ penting yang telah terbentuk mulai bekerjasama. Pertumbuhan otak meningkat dengan cepat, hampir 250.000 sel saraf baru diproduksi setiap menit. Ia mulai tampak seperti manusia kecil dengan panjang 32-43 mm dan berat 7 gram.

Perkembangan janin Minggu ke-11: Panjang tubuhnya mencapai sekitar 6,5 cm. Baik rambut, kuku jari tangan dan kakinya mulai tumbuh. Sesekali di usia ini janin sudah menguap. Gerakan demi gerakan kaki dan tangan, termasuk gerakan menggeliat, meluruskan tubuh dan menundukkan kepala, sudah bisa dirasakan ibu.

Perkembangan janin Minggu ke-12 : Panjang fetus 6-7 cm (crown rump length), dengan berat sekitar 14 gram Pusat pertumbuhan tulang mulai timbul pada seluruh tulang janin Jari-jari dan kaki mulai terbentuk Kulit dan kuku mulai terbentuk. Janin mulai bergerak spontan. Bentuk wajah bayi lengkap, ada dagu dan hidung kecil. Jari-jari tangan dan kaki yang mungil terpisah penuh.

Akibat meningkatnya volume darah ibu, detak jantung janin bisa jadi meningkat. Mulai proses penyempurnaan seluruh organ tubuh. Bayi membesar beberapa millimeter setiap hari. Jari kaki dan tangan mulai terbentuk termasuk telinga dan kelopak mata.

author
No Response

Leave a reply "Perkembangan Janin Usia 12 Minggu"