Simak Perkembangan Janin Usia 23 Minggu Yang Mengagumkan

Perkembangan Janin Usia 23 Minggu

Moms, menyaksikan perkembangan janin yang tengah Anda kandung dari minggu ke minggu, terutama melalui mesin USG bisa jadi merupakan momen-momen tak terlupakan dan penuh haru. Dan di antara rasa haru tersebut pasti terbersit rasa tidak sabar agar hari persalinan segera tiba dan Anda dapat dengan segera menggendong bayi yang Anda sayangi di lengan Anda. Perasaan rindu tersebut tentunya semakin membuncah ketika Anda memasuki beberapa bulan terakhir kehamilan, salah satunya adalah pada usia kehamilan di minggu ke-23. Berikut adalah perkembangan janin usia 23 minggu yang tidak boleh Anda lewatkan.

Perkembangan janin usia 23 minggu yang paling mencolok adalah bertambahnya berat badan bayi hingga lebih dari 500 gram dengan panjang tubuh janin sekitar 28 cm. Pada masa kehamilan ini, bayi tidak hanya mengalami pertambahan berat dan panjang badan saja, tetapi juga perkembangan fungsi-fungsi organ vital yang semakin matang. Organ pendengaran bayi Anda sudah berkembang lebih sempurna yang memungkinkan ia untuk mendengar tidak hanya suara denyut jantung Anda saja, melainkan juga suara-suara dari dunia luar.  Baca juga: Bunda, Ketahui Cara Melakukan USG 3 Dimensi Yang Benar Yuk

Di usia kehamilan ini, Anda akan disarankan untuk memperbanyak interaksi dengan bayi Anda, baik dengan cara berbicara padanya, memperdengarkan musik, dan bahkan membacakan buku-buku cerita.  Anda akan dapat merasakan bahwa bayi Anda bereaksi terhadap suara Anda dan suara-suara lain di sekitarnya. Sehingga bisa dibilang usia kehamilan minggu ke-23 ini merupakan momen yang sangat dinanti-nantikan oleh semua ibu hamil.

Selain indera pendengaran, organ paru-paru dan organ pankreas pada bayi Anda pun juga mulai berkembang dan berfungsi dengan cukup baik. Paru-paru bayi Anda mulai memproduksi sebuah zat yang dinamakan surfaktan. Zat surfaktan ini memiliki fungsi untuk merangsang lapisan paru-paru untuk mengembang dan mengempis, walaupun demikian organ pernapasan tersebut masih membutuhkan waktu agar dapat berfungsi dengan sempurna.

Organ pankreas bayi juga mulai berfungsi dan menghasilkan hormon yang berperan dalam produksi insulin. Apabila Anda mengidap diabetes, dalam tahap ini bayi akan memiliki kadar insulin yang tinggi di dalam darahnya, dan yang pasti hal tersebut dabat berakibat pada kesehatan janin. Jadi, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter secara rutin untuk memeriksakan kadar gula di dalam darah.

Penampilan kulit bayi pun mulai mengalami perubahan. Di bagian bawah lapisan kulit sudah mulai terisi lemak walaupun dalam jumlah yang sedikit. Kalenjar minyak dan keringatnya pun sudah mulai bekerja dan bayi pun sudah mulai dapat meregulasi suhu tubuhnya sendiri.

Ternyata perkembangan janin usia 23 minggu sangat mengagumkan ya, Moms?

author
No Response

Leave a reply "Simak Perkembangan Janin Usia 23 Minggu Yang Mengagumkan"