14 Cara dan Tips Menambah Berat Badan Janin

No comment 159974 views

ibu hamilBerat Badan Bayi – Jika ada dugaan berat badan (BB) janin rendah, pastikan dulu apa memang benar rendah dibandingkan usia perkembangan janin (gestasi), atau hanya karena usia kehamilan masih muda ketahui dengan pasti usia kehamilan Anda. Untuk usia kehamilan 36 minggu, BB janin normal 2622 gram.

Berat Badan janin dianggap rendah bila ada di persil 3 atau lewat dari 5% batas bawah BB normal. Berdasarkan dari BB janin Anda tergolong rendah, tapi agar akurat, perlu pemeriksaan USG berkala. Jika positif harus dicari penyebabnya dan berapa derajat terhambatnya pertumbuhan janin akibat BB rendah. Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan berat badan bayi rendah.

  • Gizi yang kurang saat hamil

Kekurangan gizi selama hamil akan berakibat buruk terhadap janin. Penentuan status gizi yang baik yaitu dengan mengukur berat badan ibu sebelum hamil dan kenaikkan berat badan selama hamil. Kekurangan gizi pada ibu hamil dapat mempengaruhi proses pertumbuhan janin, menimbulkan keguguran, bayi lahir mati, cacat bawaan, dan anemia pada bayi. Intrapartum (mati dalam kandungan) lahir dengan berat badan rendah (BBLR).

Pertambahan berat badan selama kehamilan rata-rata 0,3-0,5 kg/minggu. Bila dikaitkan dengan usia kehamilan, kenaikan berat badan selama hamil muda 5 kg, selanjutnya tiap trimester (II dan III) masing-masing bertambah 5 kg. Pada akhir kehamilan, pertambahan berat badan total adalah 9-12 kg.

  • Umur

Berat badan lahir rendah juga ada hubungannya dengan usia ibu hamil. Persentase tertinggi bayi dengan berat badan lahir rendah terdapat pada kelompok remaja dan wanita berusia lebih dari 40 tahun. Ibu-ibu yang terlalu muda seringkali secara emosional dan fisik belum matang, serta ibu yang masih muda masih tergantung pada orang lain. Kelahiran bayi BBLR lebih tinggi pada ibu-ibu muda berusia kurang dari 20 tahun karena mereka belum memiliki sistem transfer plasenta seefisien wanita dewasa.

  • Paritas ibu

Anak lebih dari 4 dapat menimbulkan gangguan pertumbuhan janin sehingga melahirkan bayi dengan berat lahir rendah dan perdarahan saat persalinan karena keadaan rahim biasanya sudah lemah.

  • Gaya hidup

Konsumsi obat-obatan dan penggunaan alkohol selama masa hamil telah mengakibatkan makin tingginya insiden keguguran, kelahiran prematur, retardasi mental dan BBLR.

Seperti yang telah kita ketahui, bayi yang lahir dengan berat badan yang kurang memiliki resiko tinggi terkena berbagai macam penyakit.  Untuk itu solusi dari permasalahan tentang kurangnya berat badan janin adalah sebagai berikut.

  • Sediakan minuman sehat berkalori tinggi

Ladies, untuk membantu menaikkan berat badan balita Anda, susu formula untuk balita, minuman berkalori tinggi dan minuman ringan lainnya dapat Anda sisipkan diantara jam makan balita Anda. Hal ini akan membantu menyuplai energi yang dibutuhkan si kecil sekaligus mempercepat naiknya berat badan Balita Anda.

  • Memenuhi kebutuhan protein

Untuk menaikkan berat badan janin anda harus memenuhi kebutuhan protein tubuh terutama saat masa kehamilan anda. Anda dapat mengonsumsi daging sapi atau ayam sebagai sumber protein tubuh anda.

  • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah

Banyak mengonsumsi sayur dan buah dapat berperan penting dalam menaikkan berat badan janin. Ini dikarenakan buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, sehingga janin juga akan mendapatkan nutrisi yang cukup dari buah dan sayur yang ibu konsumsi.

  • Minun air dan olahraga

Banyak banyaklah mengonsumsi air putih dan berolahraga bagi para ibu hamil agar mampu menaikkan berat badan janin. Karena dengan bunda banyak mengkonsumsi air, maka sang janin pun juga akan ikut mengonsumsinya.

  • Sajikan makanan padat energi

Kalori tambahan (seperti; keju, margarin, selai buah, krim keju) dan bumbu penyedap alami kesukaan anak Anda seperti mayonnaise, kecap, saus sambal, krim asin yang biasa dipakai untuk dressing, dapat Anda tambahkan ke menu makanan si kecil. Selain membantu untuk memperkaya rasa, kalori yang terkandung di dalam bahan makanan tambahan di atas juga efektif untuk menambah berat badan si kecil lho.

  • Menyediakan camilan

Meskipun kata-kata cemilan terdengar negatif di telinga, namun tidak untuk cemilan sehat lho Ladies. Dengan mengonsumsi cemilan sehat secara teratur di sela-sela makan, dapat memancing anak Anda untuk memperoleh kalori lebih banyak dari pada hanya menggantungkan pada kalori dari makan 3 kali sehari. Jangan salah Ladies, sarapan pagi adalah salah satu kunci penting untuk mendapatkan berat badan ideal dan dapat mencegah cemilan mengambil alih jatah makansi kecil.

  • Konsumsi Ikan Laut

Makanan seperti misalkan Ikan ikan tenggiri, ikan salmon, dan yang lainnya memang mempunyai kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil maupun yang tentu saja sangat baik untuk janin di kandungan.

  • Konsultasi Ke Dokter

Dalam menaikkan berat badan janin ada baiknya anda berkonsultasi pada dokter maupun bidan anda. Karena jika anda berkonsultasi ke dokter atau bidan anda akan memberikan suplemen atau multivitamin agar janin di dalam kandungan anda bertambah berat badan tersebut. Dan juga diusahakan juga anda dapat teratur untuk mengonsumsi suplemen atau multivitamin itu.

  • Jangan Minum Minuman Bersoda

Untuk Ibu hamil lebih baik menghindari mengonsumsi minuman yang mengandung bersoda. Karena minuman bersoda dapat memperburuk kondisi janin dalam kandungn. Di dalam minuman soda terdapat bermacam bahan kimia yang berbahaya sehingga mampu mengancam kesehatan janin di dalam kandungan, oleh karena itu di hindari.

  • Jangan Makan Makanan Pedas

Makanan yang selanjutnya adalah makanan yang pedas sangat tidak baik untuk kondisi janin. Karena makanan yang pedas akan membuat perut anda terasa panas, dan janin juga akan merasakan rasa panas tersebut hal ini sangat tidak baik.

  • Jauhi stres

Ketakutan yang berlebihan, cemas, kelelahan, maupun tingkat kesetres an juga dapat membuat selera bunda akan menurun. Hal ini secara langsung akan dapat menyebabkan berat badan dari janin bunda akan susah bertambah karena tidak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup bun, maka dari itu sangat disarankan untuk menjaga tingkat kesetres an bun.

  • Istirahat Yang Cukup

Cara menambah berat badan janin selanjut nya yaitu bunda juga dapat dilakukan melalui pengaturan gaya hidup yang sehat bun salah satu nya yaitu dengan istirahat yang cukuo. Selama bunda masih dalam masa kehamilan, Usahakan agar bunda tidak terlalu capek ya bun.

Dikarenakan, jika tubuh bunda mengalami kelelahan ataupun kekurangan energi sehingga dalam kondisi ini tubuh bunda akan membongkar berbagai pasokan kalori dalam tubuh bun. Dan, hasilnya kalori tersebut justru tidak bisa disalurkan dengan baik pada buah hati Anda bun. Setidak nya dalam sehari, lakukan tidur siang paling tidak selama dua jam saja bun.

Semoga informasi tentang tips meningkatkan berat badan janin di atas dapat membantu para orang tua dalam menjaga berat badan janin. Baca juga : Tips Menggemukkan Badan Dengan Minum Susu Di Malam hari

author
No Response

Leave a reply "14 Cara dan Tips Menambah Berat Badan Janin"