Uniknya Perkembangan Janin Minggu Ke-19 Hingga Minggu Ke-25

janin-sehat

Saat hamil, Ibu tentu ingin mengetahui setiap fase perkembangan calon buah hati tercinta. Selain itu, penting juga mengikuti perkembangan janin dari minggu ke minggu untuk memantau pertumbuhan dan mencegah munculnya gangguan kesehatan tertentu.

Mengoptimalkan perkembangan janin dengan rajin berolahraga serta memenuhi kebutuhan nutrisi harian kini menjadi rutinitas wajib wanita hamil. Oleh karena itu, Ibu perlu tahu perkembangan janin setiap minggunya sehingga dapat memantau tahapan tumbuh kembangnya. Berikut perkembangan janin dari minggu ke-19 hingga ke-25:

  • Minggu ke-19

Tubuh janin diselimuti oleh vernix caseosa yang berfungsi untuk melindungi kulit dari luka. Calon buah hati juga sudah bisa menghisap jempolnya karena syaraf di otaknya telah berkembang dan mencapai jumlah ribuan.

  • Minggu ke-20

Di bawah lapisan vernix yang berupa lilin ini mulai berkembang lapisan dermis, epidermis, dan subtucaneous. Kuku pada jari bayi juga mulai tumbuh, penyempurnaan pada sistem pernapasan serta warna kulitnya mulai terlihat pada tahap ini.

  • Minggu ke-21

Janin sudah mulai bisa menyerap dan menelan gula dari cairan yang dikelola oleh sistem pencernaannya hingga usus besar. Pada tahap ini, gerakan bayi semakin pelan karena beratnya mencapai 340 gram.

  • Minggu ke-22

Kelima sistem indera semakin sempurna pada minggu ini. Ukuran kepala serta tubuhnya juga semakin proporsional, dan Ibu mulai bisa melihat wajah calon buah hati melalui USG.

  • Minggu ke-23

Kulit janin masih sangat kendur dan keriput meskipun lemaknya semakin bertambah. Hal ini disebabkan karena produksi sel kulit lebih banyak daripada lemak. Uniknya, janin mulai terbiasa ‘berolahraga’ dengan cara menggerakkan otot jari-jari tangan, lengan, dan kaki secara teratur. Ibu akan merasakan rutinitas olahraganya yang terkadang terasa seperti sebuah tendangan.

  • Minggu ke-24

Paru-paru janin sudah berfungsi sebagai sistem pernafasan meskipun kebutuhan oksigen masih dipenuhi oleh plasenta. Paru-paru juga mulai menghasilkan surfaktan yang menjaga kantung udara agar tetap mengembang. Kulit bayi semakin menebal pada minggu ini.

  • Minggu ke-25

Janin sudah berlatih untuk bernafas dengan cara menghirup dan mengeluarkan air ketuban. Apabila air ketuban tertelan terlalu banyak, maka janin akan cegukan untuk mengeluarkannya. Saluran darah di paru-paru bayi juga sudah semakin berkembang.

Garis di sekitar mulutnya sudah mulai terbentuk dan janin bisa menelan dengan cukup baik. Nostrils, sebagai salah satu bagian dari indera penciuman sudah berfungsi dengan sempurna. Tubuhnya semakin kuat karena tulang janin semakin mengeras.

Nah, itulah perkembangan janin dari minggu ke-19 hingga minggu ke-25. Pastikan Ibu rajin berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui perkembangannya. Selamat menanti kelahiran buah hati, Bu!

 

author
No Response

Leave a reply "Uniknya Perkembangan Janin Minggu Ke-19 Hingga Minggu Ke-25"