Wow! Inilah Perkembangan Janin Minggu Ke-26 Hingga Ke-31

janin

Saat mengandung, Ibu memang perlu mengetahui perkembangan janin setiap minggu. Hal ini tentu memudahkan Ibu untuk mengetahui tumbuh kembang janin setiap saat sehingga membuat hari-hari kehamilan lebih menyenangkan.

Perkembangan janin memang menjadi kado istimewa untuk ibu hamil. Ibu bisa saja tersenyum sendiri ketika melihat hasil USG dan janin dinyatakan sehat. Nah, agar hari-hari di usia kehamilan tua ini lebih menggembirakan, yuk simak perkembangan janin dari minggu ke-26 hingga ke-35 berikut ini:

  • Minggu ke-26

Janin sudah bisa mengedipkan mata dan retinanya sudah terbentuk dengan baik. Aktivitas otak yang berhubungan dengan sistem pendengaran dan penglihatan juga sudah berjalan dengan baik. Ibu bisa merasakan anggukan si Kecil ketika menempelkan senter ke perut dan memperdengarkan alunan musik yang lembut.

  • Minggu ke-27

Pada minggu awal trimester ke tiga ini, terjadi penyempurnaan pada organ paru-paru, hati, dan sistem kekebalan tubuh. Janin sudah bisa menghisap jarinya dengan baik dan sesekali menelan air ketuban yang menyelimutinya. Hal ini membuktikan bahwa indra perasa telah terbentuk dengan maksimal.

  • Minggu ke-28

Lapisan  lemak yang membungkus tubuhnya semakin banyak dan rambutnya terus tumbuh. Gerakan janin sudah mulai terbatas karena tubuhnya semakin berat. Perkembangan janin pada bulan ini yang mengejutkan adalah si Kecil sudah bisa membuka dan menutup matanya seperti layaknya orag dewasa.

  • Minggu ke-29

Bukan hanya cahaya dan suara saja yang dapat dirasakan si Kecil, minggu ini dia mulai bisa mengidentifikasi bau dan rasa. Otak janin juga sudah bisa mengatur nafas dan mengatur suhu badannya.

  • Minggu ke-30

Bola mata janin dapat melakukan gerakan melirik kanan-kiri dan atas-bawah sehingga saat Ibu menempelkan senter, ia bisa mengikuti gerakan cahaya dengan matanya. Si Kecil juga sudah bisa memproduksi air mata.

Lemak dan berat badan bayi terus bertambah hingga bobotnya sekitar 1400 gram dan panjangnya 27 cm. Berat badannya yang bertambah membuat gerakannya di dalam rahim semakin lambat.

  • Minggu ke-31

Perkembangan janin pada minggu ini sangat luar biasa seiring dengan otaknya yang menghasilkan milyaran sel. Tulang tubuhnya semakin keras dan memadat dengan bantuan zat penting seperti kalsium, zat besi, dan fosfor.

Nah, itulah perkembangan janin yang menakjubkan dari minggu ke-26 hingga ke-31. Ikutilah terus perkembangan janin setiap minggunya agar Ibu semakin riang dan bersemangat menghadapi persalinan.

author
No Response

Leave a reply "Wow! Inilah Perkembangan Janin Minggu Ke-26 Hingga Ke-31"