Wow, Perkembangan Janin Minggu Ke-29 Hingga Ke-32

perkembangan janin

Bu, apa kabar hari ini? Sehat kan? Memasuki trisemester akhir ini, Ibu pasti semakin tidak sabar segera menimang buah hati tercinta kan. Jangan lupa, Anda melakukan USG untuk melihat perkembangan janin di minggu-minggu ini.

Untuk mengobati rasa penasaran dengan perkembangan janin pada trisemester ini, Ibu bisa menyimak informasi berikut ini:

  • Perkembangan Janin Minggu Ke-29

Memasuki minggu ini, janin mulai mempersiapkan diri speerti posisi lahir dengan kepala kea rah bawah. Jaringan lemak dalam tubuhnya terus mengalami penyempurnaan. Beratnya saat ini sudah mencapai 1250 gram dengan panjang rata-rata 37 cm. Namun, Ibu perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko kelahiran bayi prematur ya. JIka hal tersebut terjadi, kemampuannya untuk bernapas masih sangat rendah karena perlu usaha keras. Kemampuannya untuk bertahan hidup pun masih tipis karena perkembangan paru-parunya belum sempurna. Untuk itu, perlu pengawasan medis yang cukup ketat jika si kecil lahir dalam minggu ini.

  • Pekembangan Janin Minggu Ke-30

Pada minggu ini, beratnya telah mencapai 1400 gram dengan panjang 38 cm. Minggu-minggu ini janin mulai mengisi penuh rahim Ibu sehingga perut terlihat sangat membuncit.

Anda bisa meminta suami untuk memegang perut Anda dan merasakan tendangannya.  Ketika janin menendang atau mendorong, Anda dapat melihat kaki dan tangannya bergerak di bawah kulit perut. Denyutan halus serta tendangannya serta gerakan badannya mulai menimbulkan rasa nyeri.

  • Perkembangan Janin Minggu Ke-31

Pada minggu ini, Anda mulai semakin sering merasakan gejala nyeri di bawah tulang iga sebelah kanan, sakit kepala dan penglihatan yang berkunang-kunang. Ibu juga perlu mewaspadai adanya tekanan darah tinggi yang bisa membahayakan janin. Biasanya, Ibu mulai mengalami gangguan aliran darah ke anggota tubuh bawah yang membuat kaki menjadi bengkak. Untuk mengurangi keluhan tersebut, Ibu dianjurkan untuk mengurangi aktivitas dan memperbanyak tidur dengan posisi miring.

  • Perkembangan Janin Minggu Ke-32

Usia ini berat janin telah berkisar sekitar 1800-2000 gram dengan panjang tubuh hingga 42 cm. Ibu yang saat ini menderita kelainan jantung dan preellampsia, perlu meningkatkan kewaspadaannya. Sebab dengan jumlah darah yang semakin banyak, beban kerja jantung semakin meningkat. Risiko adanya penyempitan pembuluh darah juga semakin besar Bu. Oleh karena itu, Anda perlu rutin memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksakan tekanan darah dan kondisi tubuh.

Memang, perkembangan janin menjadi prioritas utama ibu hamil untuk mendeteksi dini kelainan yang mungkin terjadi. Pastikan bahwa Anda selalu mengonsumsi makanan bernutrisi untuk menjaganya tetap sehat ya Bu.

author
No Response

Leave a reply "Wow, Perkembangan Janin Minggu Ke-29 Hingga Ke-32"