Wow, Ternyata Bayi Bisa Bedakan Suara selama Berada di Rahim?

baby-growing

Mengamati perkembangan janin di dalam rahim memang bisa menjadi satu hal yang mendebarkan bagi ibu hamil. Dari minggu ke minggu Anda dapat memperhatikan sejauh mana perkembangan si kecil melalui monitor USG. Dan mungkin sudah banyak dari Anda yang mengetahui bahwa saat usia kehamilan tertentu, organ pendengaran bayi Anda sudah mulai berfungsi. Tak hanya itu, tahukah Anda bahwa ternyata bayi bisa bedakan suara selama berada di rahim?

 
Ya, bayi Anda sudah mulai bisa mendengar suara saat menginjak usia kehamilan 6 minggu. Saat itu bayi Anda sudah mulai bisa mendengarkan sumber suara terdekat yaitu suara detak jantung Anda. mendengarkan suara detak jantung ibu adalah sumber kenyamanan bayi selama berada di dalam rahim, sehingga jangan heran jika setelah lahir pun bayi Anda akan senang menempel pada dada Anda untuk mendengarkan suara jantung Anda. Selain suara detak jantung ibu, bayi juga bisa mendengarkan suara dari luar rahim. Lambat laun pada usia kehamilan 24 minggu, bayi bisa bedakan suara selama berada di rahimdengan lebih akurat.

 
Ya, fakta menarik ini dinyatakan oleh seorang profesor obsetri dan ginekologi dari Wyckoff Heights Medical Center di New York yaitu Dr. Boris Petrikovsky. Bayi juga sudah mulai bisa membedakan yang mana suara ibu dan suara orang-orang lain. Tak hanya itu, bayi juga sudah mulai menunjukkan respons terhadap rangsangan suara yang berbeda.

 
Misalnya, saat bayi mendengar suara ibu atau suara manusia lainnya, detak jantungnya menunjukkan tempo yang tetap dan teratur. Namun saat ia mendengar suara keras atau suara bising dari kendaraan yang melintas, detak jantungnya menunjukkan peningkatan bahkan tidak jarang hal tersebut membuat bayi terlonjak kaget. Tak hanya itu, bayi juga mulai bisa menunjukkan reaksi saat Anda menyanyi atau mendengarkan lagu. Walaupun bayi belum bisa menari layaknya manusia dewasa, umumnya bayi menunjukkan reaksi seperti berputar-putar di dalam rahim atau dengan menendang-nendang dinding rahim.

 
Hal tersebut pastinya sangat menarik, ya Moms? Anda dapat memanfaatkan momentum tersebut dengan melakukan bonding. Bentuk dari bonding tersebut tentu saja beraneka ragam. Anda bisa menyanyikan lagu kesukaan Anda, atau meminta anggota keluarga lain untuk turut menyanyi dengan Anda. Namun, harap diperhatikan agar tidak terlalu membuat suara yang terlalu berisik terutama saat si kecil sedang tidur.

 
Semoga informasi tentang bayi bisa bedakan suara selama berada di rahim ini bermanfaat bagi Anda, Bunda.

author
No Response

Leave a reply "Wow, Ternyata Bayi Bisa Bedakan Suara selama Berada di Rahim?"