Yuk, Intip Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu

janin-sehat

Hai Ibu, sudah memasuki berapa bulan kehamilan bu? Wah, kalau tidak lama lagi melahirkan, tentunya ibu akan semakin bahagia kan? Nah, ibu perlu tahu bagaimana perkembangan janin dari minggu ke minggu.

Kehidupan manusia berawal dari pertemuan antara sel benih laki-laki dan sel benih perempuan. Sel benih laki-laki yaitu sel sperma (spermatozoa) yang diprosuksi oleh testis. Sel benih perempuan yaitu sel telur (ovum) diproduksi oleh indung telur (ovarium). Bertemunya sel sperma dan sel telur akan menyebaban terjadinya pembuahan yang menyebabkan terbentuknya janin.

Ibu yang kini sedang hamil, perlu mengetahui bagaimana pertumbuhan dan perkembangan janin. Yuk, simak informasi berikut ini:

  • Minggu ke-4

Pada minggu awal perkembangan janin, mulai terbentuk tulang belakang, otak saraf tulang belakang, jantung, saluran pencernaan, mata, hidung, dan telinga. Janin berukuran 7,5-10mm

  • Minggu ke 8

Jari jemari mulai terbentuk dan kepala menekur ke dada. Jantung mulai memompa darah. Perut, muka dan bagian utama otak dapat dilihat. Janin berukuran 2,5 cm dan berat kira-kira 5 gram.

  • Minggu ke 12

Daun telinga lebih jelas, kelopak mata melekat, dan leher mulai terbentuk. Denyut jantung dapat terlihat jika ibu melakukan USG. Selain itu, jenis kelamin juga sudah diketahui. Ginjal sudah memproduksi urine. Urine dibuang kedalam air ketuban dan banyaknya sekitar 44 ml. produksi urine rata-rata 0,05-0,10 ml per menit. Janin berukuran 9 cm dan berat sekitar 15 gram.

  • Minggu ke 20

Perkembangan janin minggu ini, janin sudah memiliki kulit lebih tebal, mulai terbentuk alis mata, bulu mata, rambut dan rambut halus di kulit. Janin mengembangkan jadwal teratur untuk tidur, menelan dan menendang. Janin berukuran 25 cm dengan berat 280 gram.

  • Minggu ke 24

Kerangka janin berkembang cepat dan perkembangan pernafasan dimulai. Janin berukuran 30-32 cm dan berat 600 gram

  • Minggu ke 28

Minggu ini, perkembangan janin yaitu dapat mengatur suhu dan dapat bernafas. Tetapi, air ketuban tidak masuk ke dalam paru-paru. Janin berukuran 35 cm dan berat 1000 gram

  • Minggu ke 32

Kulit janin merah dan keriput, simpanan lemak coklat dan berkembang di bawah kulit. Janin berukuran 40-43 cm dan berat 1600 gram

  • Minggu ke 36

Muka berseri, tidak keriput, dan janin dapat melakukan banyak aktivitas. Janin berukuran 46 cm dan berat 2500 gram

  • Minggu ke 38

Pada minggu terakhir ini, perkembangan janin dapat dikatakan sebagai akhir perkembangan. Kulit licin dan janin siap lahir. Janin berukuran 50-55 cm dan berat 300 gram.

Nah, ibu hamil harus mengetahui perkembangan janin. Jika ibu merasakan ada sesuatu yang tidak sesuai dengan perkembangan janin, segeralah berkonsultasi dengan dokter.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Intip Perkembangan Janin Dari Minggu Ke Minggu"