Yuk, Kenali Faktor Penghambat Perkembangan Janin

ibu dan janin

Halo Ibu, bagaimana kabar janin hari ini? Sudahkah ia memberikan tendangan pertamanya? Ibu hamil harus memahami perkembangan janin setiap minggunya. Selain itu, Ibu perlu memahami faktor yang bisa menghambat perkembangan janin. Yuk, kita simak beberapa kelainan yang mengganggu perkembangan janin.

Janin mengalami perkembangan dan pertumbuhan dari minggu ke minggu. Perubahan yang terjadi diharapkan selalu berjalan dengan baik dan keadaan normal. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bisa terjadi gangguan-gangguan yang menghambat perkembangan janin. Untuk meminimalisir kondisi tersebut, ibu hamil perlu menyimak informasi berikut tentang kelainan-kelainan pada janin.

  • Teratoma

Teratoma adalah tumor yang mengandung jaringan derivate dua atau tiga lapis benih. Kelainan ini bisa terjadi saat janin masih dalam bentuk embrio. Teratoma biasa disebut juga dengan fetus in fetus atau bayi dalam bayi.

  • Down Syndrome

Down syndrome merupakan kelainan fisik dengan ciri-ciri yang khas seperti gangguan mental, kelainan jantung bawaan, otot-otot melemah, leukemia, hingga gangguan penglihatan dan pendengaran.

  • Sindrom Edward

Kelainan ini menyebabkan retardasi mental berat, gangguan pertumbuhan, ukuran kepala dan pinggul kecil, serta kelainan pada tangan dan kaki.

  • Sindrom patau

Kelainan ini menyebabkan bibir sumbing, gangguan berat pada perkembangan otak, jantung, ginjal, tangan dan kaki. Biasanya, gejala sindrom patau yang berat akan menyebabkan janin meninggal setelah beberapa saat dilahirkan.

  • Talasemia

Talasemia bisa terjadi jika tubuh kekurangan salah satu pembentuk zat hemoglobin. Kelainan ini bisa diminamilisir dengan konsumsi fenilalanin yang banyak terdapat pada keju, susu, telur, ikan, dan daging.

  • Fenilketinoria

Gangguan ini disebabkan adanya kegagalan metabolisme salah satu jenis pembentuk asam amino sehingga menyebabkan hambatan atau radiasi mental.

  • Hipotiroid Konginetal

Hal ini terjadi karena tubuh hanya mampu memproduksi sedikit hormon tiroid. Akibatnya, pertumbuhan fisik dan mental terganggu.

  • Fokomelia

Cacat pada lengan yang disebabkan oleh Thalidomide.

Nah, beberapa jenis kelainan-kelainan inilah yang menjadi gangguan pada perkembangan janin. Rajin konsultasi ke dokter dan makan-makanan yang bergizi bisa membantu Ibu untuk meminimalisir kelainan ini.

author
No Response

Leave a reply "Yuk, Kenali Faktor Penghambat Perkembangan Janin"